ADVERTISEMENT

Solusi Coworking Space Kekinian untuk Kerja Hybrid di Masa Depan

Erika Dyah - wolipop Kamis, 16 Jun 2022 18:48 WIB
Coworking Space Foto: GoWork
Jakarta -

Pandemi yang berlangsung dua tahun belakangan membuat banyak perusahaan meredefinisi ruang kerja dalam rangka efisiensi. Contohnya lewat penerapan konsep hybrid working hingga menjamurnya penggunaan ruang terbuka atau open space di perusahaan.

Banyak perusahaan dipaksa bekerja dari rumah akibat dampak pandemi. Pada saat inilah, mulai dikenal ungkapan hybrid working. Riset dari Cushman and Wakefield menyebutkan fleksibilitas di sebuah perusahaan dalam memilih untuk bekerja dari rumah atau kantor menjadi hal yang penting setelah era pandemi.

Selain itu, mulai dikenal juga penggunaan ruang terbuka (open space) untuk dapat mendorong karyawan agar bisa berkolaborasi lebih banyak dengan rekan kerja dengan suasana yang lebih santai. Sebagai respons dari tren terbaru perusahaan yakni hybrid working dan open space, bermunculan juga ragam coworking space yang mengakomodir kebutuhan perusahaan masa kini.

Tren Kebutuhan Ruang Kerja di Pascapandemi

Hybrid working menjadi model yang populer di masa pandemi karena memungkinkan karyawan untuk lebih fleksibel dalam memilih bekerja, baik itu di rumah atau di kantor. Meski demikian, tak dapat dipungkiri jika kerja secara tatap muka juga sangat penting guna membangun interaksi sosial antar karyawan. Komunikasi dinilai harus tetap diprioritaskan demi menjaga kelancaran kerja tim.

Seiring dengan kasus harian COVID-19 yang mulai menurun dan mayoritas masyarakat sudah divaksin, perusahaan mulai kembali memberlakukan kerja dari kantor (WFO) secara tatap muka. Namun, tak sedikit pula perusahaan yang masih menerapkan WFH untuk menjaga produktivitas karyawan di manapun mereka bekerja.

Akhirnya, model kerja pun saat ini pun kembali pada kebutuhan perusahaan dan industri masing-masing untuk menentukan sistem yang tepat untuk karyawan serta alur kerja yang produktif bagi perusahaan.

Perubahan dalam kultur perusahaan mendorong perusahaan untuk membongkar desain kantor yang lama. Dengan membuat desain baru yang dapat secara efisien meningkatkan produktivitas kerja karyawannya.

Tren ruang kerja baru masa kini tak hanya membutuhkan ruang memadai saja, tapi juga perlu dilengkapi fasilitas yang dapat mendorong tim untuk bekerja lebih produktif di kantor. Mulai dari meja kerja, kursi kerja yang ergonomis, mesin printer, dispenser air, pantry dengan alat makan lengkap, serta desain pendukung, seperti tanaman hias hingga ruang istirahat. Ditambah lagi jika perusahaan memiliki desain kantor dinamis dan enak dilihat.

Infrastruktur yang bagus, baik dalam hal digital maupun fisik, juga penting untuk dibangun. Misalnya, dengan menyiapkan platform digital yang didukung dengan penyimpanan cloud agar alur kerja dapat terencana dan termonitor dengan baik. Pengaturan jadwal untuk karyawan tiap divisi untuk datang ke kantor pun harus dimonitor dengan baik. Serta harus disertai dengan kanal komunikasi antar karyawan.

Perusahaan mungkin sudah memiliki checklist desain ruang kantor hybrid impian yang efisien. Namun masih kebingungan mencari cara untuk eksekusi berbagai kebutuhan tersebut. Untuk itulah, hadir solusi kantor masa depan dari GoWork untuk dukung produktivitas perusahaan.

Solusi Coworking Space Kekinian untuk Kantor Masa Depan

Coworking SpaceCoworking Space Foto: GoWork

Adapun salah satu coworking space yang bisa jadi pilihan untuk kantor masa depan Anda ialah GoWork. Coworking space terbesar di Indonesia ini tersebar di lebih dari 25 lokasi di seluruh Indonesia.

Co-Founder & CEO of GoWork Coworking Space, Vanessa Hendriadi mengungkap GoWork memiliki solusi yang tepat untuk perusahaan yang ingin memiliki hybrid workspace yang efisien untuk perusahaan dan karyawannya.

"Paket Enterprise Solution dari GoWork menawarkan solusi end-to-end untuk kantor hybrid dengan desain yang Anda butuhkan. Dengan paket ini, Anda akan dapat solusi menyeluruh untuk manajemen kantor dan ruang kerja fleksibel yang didesain sesuai dengan keperluan untuk memberikan tim lingkungan kerja yang hemat biaya, produktif, dan inspiratif," ungkap Vanessa dalam keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022).

Enterprise Solution juga bisa menjawab berbagai permintaan dan kebutuhan perusahaan untuk kantor hybrid di masa depan. Ia menyebutkan solusi ini menyediakan fasilitas lengkap, lokasi-lokasi strategis, teknologi terdepan dan akses internet cepat, paket yang fleksibel, serta solusi manajemen kantor yang menyeluruh.

Ia menambahkan Enterprise Solution GoWork memudahkan perusahaan untuk mencari ruang meeting dengan fasilitas lengkap. Sebab, dengan paket ini perusahaan juga akan mendapat akses untuk ruang meeting di seluruh lokasi GoWork.

Selain itu, Enterprise Solution memungkinkan perusahaan untuk mengunjungi area coworking GoWork di lokasi-lokasi yang terjangkau oleh transportasi umum. Baik di tengah kota maupun area suburban.



Simak Video "Kata Warga soal Pemberlakuan WFO 100 Persen di Jabodetabek"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)