10 Perusahaan di Indonesia Ini Menawarkan Sistem WFA 'Work From Anywhere'

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 18 Apr 2022 12:15 WIB
Caucasian girl working on computer laptop


***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Pandemi Corona membuat banyak pekerja sadar bahwa mereka tak harus selalu datang ke kantor untuk menjalani profesinya. Bekerja dari rumah atau tempat lain pun dirasa lebih efektif sehingga menjadi pertimbangan ketika memilih perusahaan. Sejak pandemi sistem WFA (Work From Anywhere) pun semakin menjadi tren di dunia kerja. Berikut 10 perusahaan Indonesia yang mulai menerapkan WFA secara permanen sebagai referensinya:

1. eFishery
Perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur ini disebut sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang menerapkan sistem Work From Anywhere. Sejak memberlakukan WFH ketika pandemi dikatakan jika produktivitas di kantor mereka justru jadi meningkat. Karena itu, mereka memutuskan untuk WFA selamanya.

2. Blibli
Dalam postingannya, situs belanja Blibli juga mengumumkan bahwa pekerja di perusahaan mereka bisa menjalankan tugasnya dari mana saja. Sistem WFA diambil setelah mereka berhasil melewati masa pandemi dan menemukan peningkatan produktivitas saat kebanyakan staf bekerja dari rumah.

3. Stockbit dan Bibit
Kedua startup di bidang finansial itu pun mengambil langkah yang mulai jadi tren di perusahaan Indonesia. Sejak Februari tahun ini, mereka menerapkan sistem remote atau bekerja dari mana pun di luar kantor untuk meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas kerja pegawai.

4. Ajaib
Kebanyakan dari perusahaan yang melakukan WFA adalah startup. Startup lain yang tak menuntut pekerjanya datang ke kantor adalah Ajaib. Seteah melewati masa adaptasi dan percobaan, aplikasi investasi saham dan reksa dana itu pun menerapkan WFA awal tahun ini.

5. Happy Fresh
Dilihat dari lowongan kerja yang diunggah, aplikasi belanja bahan makan ini juga menerapkan sistem remote. Memberikan fleksibilitas, beberapa pekerja tidak diharuskan datang ke kantor, misalnya saja untuk profesi Backend Engineer.

6. Flip
Aplikasi keuangan lain yang menerapkan WFA adalah Flip. Bisa bekerja di rumah atau di kafe, mulai bulan lalu perusahan yang sudah WFA selama dua tahun tersebut sudah resmi membebaskan para pegawainya. Flip pun memberikan benefit, seperti laptop, meja, kursi, dan biaya internet untuk mendukungnya.

7. Amartha
Amartha yang juga bergerak di bidang fintech memberlakukan WFA mulai 2022. Tapi belum tentu untuk selamanya, perusahaan investasi online itu masih menerapkannya sampai akhir tahun saja. WFA sendiri dinilai bisa meninkgkatkan kestrabilan produktivitas dan kualitas kerja para staf.

8. CoLearn
CoLearn sudah cukup lama memperbolehkan para pegawainya untuk Work From Anywhere. Seperti kebanyakan perusahaan, mereka melihat cara kerja tersebut lebih efektif dalam hal produktivitas dan kesehatan mental pekerjanya. Karena itu, sistem remote dilanjutkan sampai tahun ini.

9. Niagahoster
Baru-baru ini Niagahoster mengumumkan bahwa perusahaan mereka akan menerapkan sistem WFA dalam jangka panjang. Dianggap lebih efisien, perusahaan yang sudah menerapkan WFH sejak pandemi itu akan melanjutkannya paling tidak hingga akhir tahun.

10. Amar Bank
Amar Bank menjadi salah satu perusahaan yang bisa dibilang awal dalam menerapkan WFA. Dikatakan jika bidang korporasi berjalan cukup efektif meski para pekerjanya tidak datang ke kantor. Sistem kerja hybrid (antara WFA dan WFO) sampai saat ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas kerja dan kesejahteraan pegawai.

(ami/ami)