Maharani Kemala Buka-bukaan Kisahnya, Dulu Jualan Online Kini Crazy Rich Bali

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 24 Mar 2022 15:45 WIB
Maharani Kemala Foto: Instagram @maharanikemala
Jakarta -

Orang-orang kaya yang sering memamerkan gaya hidup glamour di media sosial belakangan jadi sorotan. Setelah kasus Indra Kenz dan Doni Salaman, beberapa 'crazy rich' berusaha menjelaskan bahwa harta yang didapatkan mereka memang murni hasil usaha sendiri. Maharani Kemala pun baru-baru ini mengungkap perjuangan dan kisah suksesnya hingga dijuluki 'Crazy Rich Bali'.

Maharani Kemala diketahui merintis bisnis degan Gilang Widya Pramana atau Gilang Juragan 99 dan istrinya, Shandy Purnamasari. Membangun MS Glow, usaha itu menjadi salah satu pundi-pundi kekayaannya. Sebelum brand kosmetik itu, Maharani memulainya dari jualan di online shop belasan tahun lalu.

"Aku berjualan online jaman itu di Kaskus, buka web chat yahoo messenger, ikut beberapa grup fashion sale, nah dari mana jaman itu aku dapat uang? Dari uang hasil beasiswa di kampus karena sampe tamat pun aku beasiswa, mayan uang jajan dan pakai puterin ke bisnis," tulisnya di Insta Story.

Dikatakan jika Maharani memulai bisnis fashion yang diambil dari Tanah Abang, situs belanja grosir, hingga ke Guangzhou, China. Usaha itu dilakukan sampai Maharani jadi pegawai bank BUMN di 2011. Tapi untuk membantu biaya kuliah adiknya, ia akhirnya kembali membuka online shop yang menjual baju bekas dan skincare.

Maharani KemalaMaharani Kemala Foto: Instagram @maharanikemala

"Bersyukur banget aku bisa nabung karena aku harus nabung buat adikku lanjut kuliah di kedokteran dengan biaya tak sedikit, online shop sebulan saat itu 2015 transaksi sekitar 1200an transaksi saat aku masih jadi reseller," kata Maharani.

Di 2016, penjualannya bahkan sudah sampai ke Singapura, China, Australia, Taiwan, Jepang, Korea, dan lain-lain. Cukup sukses, akhirnya Maharani memutuskan untuk resign sebagai pegawai bank untuk keluar dari zona nyaman. Di tahun yang sama, ia bertemu dengan Shandy Purnamasari kemudian membentuk MS Glow.

Maharani Kemala mengaku jika saat baru berjualan, MS Glow langsung laris. Toko kosmetiknya sendiri pun semakin banyak pembeli. Dari situ, usaha Maharani semakin berkembang. Hingga kini klinik MS Glow sendiri sudah membuka 14 cabang. Bisnisnya juga merambah ke produksi.

Di 2019, Maharani Kemala mulai mengembangkan bisnis. Ia merambah usaha properti bermodalkan tanahnya yang dibuat kluster eksklusif. Kemudian ia juga berusaha perbankan yang terinspirasi dari teman-teman sesama pebisnis yang bingung urusan modal berbekal ilmu dan pengalaman pribadinya. Adapun bisnisnya yang lain, seperti sewa helikopter yang ternyata booming.

"Modalku cuma ide-ide bisnis aja. Saat ide itu dapat kesempatan Untuk bertemu orang-orang yang tepat. Maka bisnis itu bisa dijalankan. Carilah selalu kesempatan itu..

"Anak muda bisa loh.. banyak anak-anak muda yang hebat.. cuma mereka belum menemukan kesempatan aja.. Mari kita banyak belajar, banyak memperbaiki kekurangan.. Kita buktikan nggak perlu nunggu lanjut usia untuk sukses, anak muda pun bisa sukses dengan ide-ide briliannya," kata Maharani Kemala.

(ami/ami)