Inspiratif! Cara Abang Ojol Dukung Adik Ikut Pelatihan di Kampus UMKM

Erika Dyah - wolipop Kamis, 24 Mar 2022 14:40 WIB
Driver Ojol Antar Adiknya ke Kampus UMKM Foto: YouTube Bank Paunk
Jakarta -

Bisnis online melalui e-commerce jadi salah satu peluang yang diandalkan banyak orang untuk memperoleh penghasilan. Namun diperlukan kemampuan serta wawasan yang mumpuni untuk sukses berbisnis online dan pelatihan menjadi salah satu cara untuk dapat mewujudkannya.

Untuk kamu yang masih bingung mencari pelatihan berbisnis online di e-commerce, kamu bisa sontek cara driver ojol bernama Bang Paunk. Dalam video unggahannya di YouTube channel: BANG PAUNK, ia menceritakan dirinya mengajak sang adik, Arif Ramdhani untuk mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee Jakarta untuk bisa mendapat keuntungan dan menghasilkan ekonomi secara mandiri meski dari rumah saja.

Tak tanggung-tanggung, Paunk pun mengantar langsung Arif ke Kampus UMKM Shopee yang berlokasi di Pakuwon Office Tower Lantai 47, Jakarta Selatan.

"Info ini gue dapat dari Instagram, ada Kampus UMKM namanya. Apa sih? Itu adalah pelatihan untuk jadi seller di Shopee. Habis itu gue cari info di Google, akhirnya gue ikutin (daftar) adik gue, masukin data-data, dan akhirnya dapat panggilan," ungkap Paunk dikutip dari siaran YouTube-nya, Kamis (24/3/2022).

Dalam video tersebut, driver ShopeeFood ini pun ikut berkeliling di Kampus UMKM Shopee dan mengungkap sejumlah fasilitas yang disediakan di sana. Mulai dari pusat edukasi untuk membuka akun toko, studio foto, simulasi gudang, hingga ruang live streaming.

Diketahui, ruangan live streaming merupakan sebuah fasilitas yang disediakan bagi para seller atau calon seller yang ingin belajar atau merasakan live streaming di Shopee Live. Di ruang live streaming ini, Paunk pun menjajal merasakan pengalaman berjualan secara live dengan menjajakan barang-barang yang akan dijual sang adik di toko miliknya.

Berbagai fasilitas ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Kampus UMKM Shopee dan terbuka untuk umum bagi semua masyarakat. Termasuk juga untuk keluarga driver ShopeeFood juga kurir ShopeeExpress.

Tak hanya tersedia di Jakarta, fasilitas ini juga memiliki cakupan yang luas karena Kampus UMKM Shopee tersedia di kota-kota lain, seperti Semarang, Solo, Bandung, Yogyakarta, dan Medan.

"Keluarga driver ojol lain yang mau belajar jualan online juga bisa ikut daftar di https://bit.ly/kampusuntukkeluargakurir," kata Paunk dalam deskripsi video YouTube-Nya.

Selain melihat berbagai fasilitas di Kampus UMKM Shopee, Paunk pun mengantar adiknya mengikuti kelas pelatihan yang diisi langsung oleh trainer andal. Dalam pelatihan ini, Arif sang adik diajari tentang cara membuat akun toko, cara upload foto produk yang benar, cara pakai fitur promosi, cara menaikkan kunjungan toko, serta cara mengenal karakter pembeli.

Arif mengaku ia ingin belajar berjualan online untuk mengisi waktu luangnya saat ini. Ia mengatakan dirinya sudah mulai berjualan, hanya saja baru menumpang buka lapak di warung sembako milik ibunya. Adapun produk yang dijual di antaranya berupa perlengkapan berkendara seperti holder ponsel, tas selempang, dan perlengkapan lainnya.

Semula, usaha Arif ini didukung oleh sang kakak yang mencoba membantu mempromosikan usahanya melalui pesan lintas saja. Namun kini, dengan menjadi seller di Shopee, Arif berharap produknya dapat dilihat secara lebih luas. Ia pun berharap bisnis ini bisa dijadikan sebagai mata pencarian dan bisa membantu menambah ekonomi keluarga.

Sebagai informasi, Kampus UMKM Shopee merupakan wadah pelatihan untuk para pelaku usaha yang ingin naik kelas. Tak hanya diberikan pelatihan dan bimbingan tentang materi business digital, Kampus UMKM Shopee juga menyediakan fasilitas yang lengkap.

Diketahui, informasi mengenai Kampus UMKM Shopee yang diunggah Paunk melalui channel YouTube-nya pada 15 Maret 2022 meraih atensi banyak orang. Hal ini terlihat dari videonya yang telah ditonton lebih dari 5.000 kali dan mendapat lebih dari 60 komentar.

(ncm/ega)