ADVERTISEMENT

Eileen Gu 'Putri Salju' China Viral di Olimpiade Beijing, Dulu Atlet Ski AS

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 10 Feb 2022 11:11 WIB
Eileen Gu Eileen Gu, atlet China kelahiran AS yang berjaya di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Foto: AP/Natacha Pisarenko)
Beijing -

Sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, China mengerahkan deretan atlet terbaiknya. Termasuk bintang ski muda Eileen Gu yang sukses menyumbangkan sebuah emas. Namun, ia menarik atensi karena sebelumnya mewakili tim Amerika Serikat (AS).

Pada Selasa (8/2/2022), Eileen Gu menorehkan prestasi di cabang Freeski Big Air yang untuk pertama kalinya digelar dalam sejarah Olimpiade. Sebuah medali emas berhasil diraih perempuan 18 tahun ini berkat lompatan double cork 1620 yang dieksekusinya secara sempurna.

"Itu adalah momen terbaik di hidupku. Hari yang sangat membahagiakan buatku. Aku benar-benar tak percaya apa yang baru saja terjadi," ungkap Eileen Gu seperti dikutip situs Olimpiade setelah mengklaim kemenangannya.

Eileen Gu, of China, reacts after winning the gold medal in the women's freestyle skiing big air finals of the 2022 Winter Olympics, Tuesday, Feb. 8, 2022, in Beijing. (AP Photo/Jae C. Hong)Reaksi Eileen Gu saat mengetahui dirinya berhasil memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Foto: AP/Jae C. Hong)

Belum pernah dalam hidupnya, Eileen meraih catatan double cork 1620. Dalam rekor tersebut, Eileen Gu meluncur lalu melambung ke udara dan berputar-putar setidaknya 4,5 kali di ketinggian enam meter sebelum akhirnya mendarat dengan mulus.

"Bahkan kalau pendaratannya gagal, itu akan tetap memberikan pesan positif kepada dunia dan memotivasi anak-anak perempuan untuk keluar dari zona nyaman demi memberikan yang terbaik," kata Eileen yang mulai bermain ski sejak usia tiga tahun itu.

Pujian untuk Eileen Gu langsung membanjiri berbagai platform media sosial China, termasuk Weiboo. "Ayahnya kuliah di Harvard, ibunya di Peking University, Stanford, neneknya seorang atlet. Dia juga cantik dan classy," komentar seorang netizen.

BEIJING, CHINA - FEBRUARY 06: Ailing Eileen Gu of Team China performs a trick during the Freestyle Skiing Big Air training session on Day 2 of the Beijing 2022 Winter Olympic Games at Big Air Shougang on February 06, 2022 in Beijing, China. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)Aski Eileen di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.(Foto: Getty Images/Richard Heathcote)

Para fansnya pun menjuluki Eileen 'Putri Salju' dan menyebutnya pahlawan China. Bahkan sebelum Olimpiade digelar, berbagai papan iklan yang menampilkan sosoknya menghiasi jalan-jalan di kota besar China.

Terlepas dari pujian itu, ada kontroversi yang membayangi prestasinya. Sebelum mewakili China, Eileen Gu adalah atlet ski andalan AS.

Lahir di San Fransisco, California, dari ayah berdarah AS dan ibu asal China, ia mendedikasikan masa mudanya untuk mengembangkan karier sebagai atlet ski di Negeri Paman Sam.

WUHAN, CHINA - FEBRUARY 9: (CHINA OUT) People walk in front of an advertising video of freestyle skiing gold medalist Eileen Gu who competes for China At Anta store on February 9, 2022 in Wuhan, Hubei, China. Eileen Gu, who was born in the United States in 2003, began to represent China in various competitions in 2019. The talented skier's commercial value has risen sharply. Her business brands include Victoria's secret, Cadillac ,Mengniu, Anta sports, luckin coffee, Louis Vuitton and Tiffany More than 20 brands. Eileen Gu has become the brightest star during the 2022 Beijing Winter Olympics. (Photo by Getty Images) Sosok Eileen Gu menghias papan-papan iklan di China. (Foto: Getty Images)

Namun pada 2019, Eileen yang saat itu berusia 15 tahun memutuskan untuk masuk tim China. Setahun kemudian, karier profesionalnya dimulai. "Aku sangat bangga dengan budayaku, juga dengan darah Amerikaku," kata Eileen yang memiliki nama China Gu Ailing tentang keputusannya menjadi representasi China.

Keputusan tersebut lantas menimbulkan kontroversi sekaligus misteri soal status kewarganegaraannya. China sendiri tidak mengakui status ganda.

"Jika orang tidak memercayaiku atau menyukaiku, mereka yang rugi. Mereka tidak akan pernah menang di Olimpiade," katanya.

Di luar dunia olahraga, Eileen Gu juga eksis sebagai model dan influencer. Tahun lalu, calon mahasiswi baru Stanford ini terpilih sebagai salah seorang duta VS Collection, imej baru Victoria's Secret, bersama nama pesohor lainnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "China Dorong Penggunaan Bambu Gantikan Plastik agar Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)