Viral Kecantikan Pengusaha Madu Kelulut dari Kalimantan, Bikin Netizen Salfok

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 11 Jan 2022 06:00 WIB
Foto Naomi Sachie. Penjual madu viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @naomisachie_.
Sangatta -

Pengusaha madu ini mendadak jadi sorotan warganet usai mengunggah video saat dirinya mencicipi madu jualannya. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @naomisachie_.

Dalam video tersebut, warganet salfok karena wanita berambut panjang itu kulitnya putih bersih, matanya memakai softlens dengan bulu mata cetar dan bibir merah ombre. Ia merupakan pengusaha madu kelulut atau lebah tanpa sengat.

"Hay pengusaha sawit wkkw #pengusahasawit. Katanya ini lagu pengusaha sawit. Hay kenalan dong, siapa tahu bisa jodoh sama pengusaha madu kelulut," tulis akun TikTok @naomisachie_.

Video tersebut juga memperlihatkan wanita tersebut tampil dengan busana adat khas Suku Dayak. Video yang sudah ditonton lebih dari 2,5 juta views itu pun membuat warganet langsung salfok. Bukannya berkomentar soal usaha madu sang wanita di video, netizen malah mengomentari penampilannya.

"Kulitnya putih banget," ucap pengguna TikTok @Faris Rasyid S👿.

"Cantik banget tolonggg inimah lebahnya juga terpesonaa😭," salfok akun @Hyesang.

"Perempuan Dayak memang gak ada lawan🥰," saut akun @Arif budiman.

"Wow pengusaha madu. Madu aja manis apa lagi mbaknya😁," timpal akun @Hafiez04.

@naomisachie_ hay pengusaha sawit wkkw #pengusahasawit ♬ suara asli - DJ Luthfi AP | IG : luthfiiap - DJ LUTHFI AP

Foto Naomi Sachie.Foto Naomi Sachie. Foto: Dok. pribadi Naomi Sachie.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop menghubungi Naomi Sachie yang mengunggah video TikTok tersebut. Ia merupakan sosok wanita dalam video yang disebut sebagai pengusaha madu.

Naomi mengatakan jika sehari-hari bekerja sebagai model otomotif. Dia memiliki pekerjaan sampingan usaha perawatan kecantikan homeservice dan bisnis madu kelulut. Naomi pun menceritakan awal mula usaha yang ia rintis sejak tahun 2018.

"Di video TikTok saya sedang menggunakan baju adat dari Kalimantan Timur. Kalau awal mula usaha kelulut dari tahun 2018, keuntungan per bulan Rp 6-10 juta. Kadang bisa lebih tergantung produksi madunya. Sebab madu ini tergolong madu yang produksinya sedikit. Langka madunya," ungkap Naomi kepada Wolipop lewat WhatsApp (7/1/2022).

Wanita yang tinggal di Sangatta, Kalimantan Timur itu mengungkapkan bisnis madu kelulut ini cukup untuk menambah pendapatannya. Selain mendapatkan manfaat ekonomi, bisnis madu ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

"Jadi untuk dijual dan dikonsumsi sendiri pun sama-sama menguntungkan," katanya.

Seperti bisnis lainnya, usaha madu kelulut yang dijalani Naomi pun mengalami rintangannya. Musim hujan menjadi tantangan terbesarnya dalam hal produksi madu.

Dukanya dalam produksinya sedikit, bibit kelulutnya langka, terlebih kalau musim hujan panennya dikit, dan madu ini madu yang mahal. Orang masih banyak yang mengira madunya harganya nggak sesuai, karena masih banyak yang belum bisa bedain madu lebah biasa dengan madu kelulut," kata Naomi.

Wanita 26 tahun ini mengaku omzet bisnis madu kelulut yang dijalaninya naik dua kali lipat semanjak pandemi Corona. Sebab madu tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Usahanya kini berkembang pesat, kebun madunya pun dijadikan obyek wisata. "Dan kebun kelulut kami ini juga dijadikan sebagai tempat wisata. Jadi siapapun boleh masuk untuk melihat sambil belajar langsung proses beternak madu kelulut. Dan tentunya bisa mencoba langsung merasakan sensasi minum madu kelulut dari sarangnya. Di kebun saya juga nggak cuma madu kelulut, ada aneka macam buah dan sayur yang ditanam," tuturnya.

Wanita penjual madu ini viral dan bikin salfok warganet.Wanita penjual madu ini viral dan bikin salfok warganet. Foto: Dok. Tangkapan layar akun TikTok @naomisachie_.

Video TikToknya viral di media sosial, anak keempat dari lima orang bersaudara ini menanggapi reaksi warganet yang salfok dengan dirinya. "Karena saya memang bergelut di dunia entertainment, foto model dan selebgram di daerah saya. Jadi apapun tanggapan baik buruk dan godaan itu sudah biasa ya. Saya ambil yang positifnya aja. Untuk komentar yang menjatuhkan ya saya nggak terlalu mau ambil pusing," ucap Naomi.

Di akhir wawancara, Naomi pun memberikan pesan bagi kamu yang ingin mengikuti jejaknya. "Kalau mau maju jangan setengah-setengah. Apapun usaha yang mau kamu bangun harus lakukan dengan totalitas, jangan takut untuk mencoba, lebih baik mencoba daripada diam di tempat. Tetap berpikir positif dan berdoa. Karena usaha nggak akan pernah mengkhianati hasil," pungkasnya.

Foto Naomi Sachie.Foto Naomi Sachie. Foto: Dok. pribadi Naomi Sachie.
(gaf/eny)