ADVERTISEMENT

Kisah Wanita yang Terlahir Tak Bisa Senyum, Dulu Di-bully Kini Jadi Selebgram

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 10 Jan 2022 12:46 WIB
tayla clement Foto: Instagram @taylaclement
Jakarta -

Seorang wanita bernama Tayla Clement terlahir dengan kondisi langka yang membuatnya tidak bisa tersenyum. Karena penampilannya yang tampak seperti selalu cemberut, ia pun sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari teman-teman. Meski kondisi itu membuatnya masa kecilnya menderita, Tayla kini tumbuh menjadi wanita yang sukses dan dikenal sebagai selebgram.

Tayla menghabiskan masa hidupnya dengan kondisi di mana sebagian otot wajahnya yang mengontrol emosi tidak berfungsi. Karena sindrom Moebius yang tidak dapat diobati itu, wanita 24 tahun tersebut pun tidak bisa menggerakkan mata, alis, atau mulut. Penampilannya yang tidak biasa memang membuat hidupnya tidak mudah.

"Itu tidak selalu mudah. Aku menghabiskan banyak waktu membenci senyumku, berharap aku punya senyum yang normal, berharap aku tidak ada karena itu sepertinya lebih mudah dibanding hidup, tapi karena keajaiban, aku masih di sini. Aku lahir untuk membuat perbedaan di dunia dan aku tahu ini dengan sepenuh hatiku," ungkapnya dilansir Daily Star.

tayla clementtayla clement Foto: Instagram @taylaclement

Meski kini sudah menerima, ada masa-masa di mana selebgram tersebut mengidap depresi dan kecemasan karena di-bully di sekolah. Ia bahkan berpindah-pindah sekolah dan sempat berbohong pada orang tua mengenai perlakuan teman-teman karena tidak ingin membebani mereka.

"Itu menjadi sangat parah. Aku harus bolak-balik pindah sekolah baru dengan wajah yang bengkak. Aku ditertawakan. Anak-anak berteriak di depan wajahku dan mereka bilang takut denganku tapi kemudian berlari sambil tertawa, aku sangat terisolasi. Mereka mulai berpura-pura tidak mengenalku," kata Tayla.

"Bahkan guru-guru memperlakukanku berbeda. Ketika aku hanya satu-satunya anak yang mengangkat tangan di kelas, guru tidak melihatku, berpaling, dan tidak menanggapi pertanyaanku," lanjutnya.

tayla clementtayla clement Foto: Instagram @taylaclement

Wanita asal Selandia Baru itu ternyata sempat berusaha memperbaiki mulutnya dengan operasi di usia 12. Tapi tindakan yang memindahkan jaringan di paha ke wajahnya tersebut sayangnya tidak berhasil. Dulu kempat kecewa, kini ia merasa jika kondisi langkanya adalah hadiah terbaik dari Tuhan.

Ketika mendapat banyak perundungan, ia berpaling pada latihan fisik setelah pernah enam kali coba bunuh diri. Di 2018, ia pun terjun ke dunia olahraga dan mengikuti pertandingan untuk orang-orang dengan keterbatasan. Setahun kemudian ia menang untuk kategori tolak peluru di Victorian State Championships. Kini ia sudah pensiun jadi atlet dan lebih aktif membagikan kisahnya di Instagram. Punya banyak follower, Tayla pun tak jarang mengunggah konten berbayar.

"Aku yakini operasi itu tidak berhasil 100% adalah berkah dan aku sangat bersyukur operasi itu gagal karena tidak bisa tersenyum adalah hadiah terbaik. Ya, itu membuatku menderita tapi itu memberiku kesempatan untuk menjadi wanita dan suara dari harapan dan inspirasi untuk orang lain," katanya.

tayla clementtayla clement Foto: Instagram @taylaclement
(ami/ami)