Viral Wanita Belajar Sambil Selipkan Lampu di Rambut, Jadi Simbol Kerja Keras

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 21 Nov 2021 07:00 WIB
pelajar China viral Foto: Dok. Weibo
Jakarta -

Potret seorang wanita yang sedang belajar jadi viral baru-baru ini. Ia tampak rela bergadang demi nilai terbaik yang bisa diraih. Saking larutnya, penerangan di tempatnya belajar tidak cukup untuk matanya bisa membaca. Karena itu, ia menggunakan lampu pendar yang disangkutkan ke kepala.

Seorang mahasiswi yang tidak diketahui identitasnya jadi viral di Weibo karena cara belajar uniknya. Dalam foto yang beredar, wanita itu terlihat sedang membaca di pojok ruangan. Untuk membantu penglihatannya, ia tak hanya menggunakan kacamata tapi juga lampu. Uniknya karena tidak ada meja, lampu tersebut diletakkan di atas kepalanya lebih tepatnya disangkutkan pada rambut.

pelajar China viralpelajar China viral Foto: Dok. Weibo

Dilansir Sina News, ia adalah mahasiswi di sebuah universitas di daerah utara Provinsi Hebei. Potret uniknya saat belajar diambil oleh seorang teman yang sama-sama sedang mempersiapkan ujian. Ternyata listrik di tempat mereka membaca sedang mati karena itu ia meminjam lampu pendar milik seorang teman.

Foto tersebut jadi perbincangan karena menunjukkan dedikasi seseorang untuk belajar dan memastikan nilainya bagus atau lulus. Postingan itu sendiri sudah dilihat lebih dari 290 juta kali sejak dibagikan beberapa hari lalu. Tak hanya viral, netizen yang melihatnya ramai-ramai ikut berdiskusi dan mengungkap cara atau pengalaman mereka belajar tanpa penerangan. Wanita itu pun disebut sebagai simbol kerja keras di kalangan para pelajar.

pelajar China viralpelajar China viral Foto: Dok. Weibo

Wanita tersebut bukan orang pertama yang viral karena kegigihannya belajar. Tahun lalu seorang siswa di Universitas Tsinghua yang dikenal elit juga jadi perbincangan karena kerja kerasnya. Ia terlihat belajar dari laptop sambil mengendarai sepeda. Pria itu pun disebut jadi simbol involusi, istilah yang digunakan orang China untuk menggambarkan gaya hidup super kompetitif.

Di China sendiri, sekarang para pelajar memang sedang sibuk-sibunya mempersiapkan diri untuk tes kelulusan program S1. Selain yang terkait bidang studi mereka, para mahasiswa dilaporkan harus mempelajari berbagai mata pelajaran, seperti bahasa Inggris, politik, matematika, dan pengetahuan umum agar bisa jadi sarjana.

(ami/ami)