Tolong! Kisah Nenek di Surabaya Sebatang Kara, Tinggal di Lemari Rongsok

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 14 Nov 2021 10:00 WIB
Kisah viral nenek penjual makanan ringan tinggal lemari rongsok. Kisah nenek viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @menthueel.
Surabaya -

Viral kisah sedih seorang nenek yang hidup sebatang kara dan tinggal di lemari rongsok. Sang nenek bertahan hidup dengan menjual aneka makanan dan minuman ringan di pinggir jalan raya.

Kisah nenek tersebut awalnya dibagikan oleh akun TikTok @menthueel. Dari video unggahannya terlihat seorang nenek sedang merapikan dagangannya. Kemudian nenek tersebut masuk ke dalam kemari.

"Yang ada di Surabaya yok larisin. Ramah dan suka bercanda ini ibu, yuk larisin," tulis akun TikTok @menthueel.

Dalam lemari tersebut, sudah ada bantal dan alas untuk sang nenek tidur. Tidak ada pintu, hanya susunan kayu bekas yang dijadikan sebagai atap. Lokasi nenek tersebut berbahaya, sebab di samping lemari tempat ia tinggal ada gardu listrik tegangan tinggi.

@menthueel Balas @menthueel Ruamah dan suka bercanda ini ibu, Yook larisin #fyp #viral ♬ suara asli - Bkn penikmat BanSos🌐

Hingga Kamis (11/11/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 314 ribu Views, mendapat 174 ribu Likes dan 400 komentar. Warganet ada yang bertanya lokasi sang nenek dan merasa iba melihat kondisinya.

"Info dong di mana lokasi nenek tinggal dan jualannya.. tag saya.. pliss," kata akun @Jf Jazzuke[ani].

"Jadi mewek lihat si emak tidurnya dalam lemari kecil😭 Ya Allah sehatkan terus si emak murahkan rezekinya semoga ada dermawan yang lihat vt ini sgra dpt bantuan," tutur akun @yehliang.

"Gak bisa kebayang panasnya gimana tdur di situ apalagi sekarang Surabaya panas banget🥺," saut akun @Lholipop Jr.

"Sehat selalu ya malaikat tanpa bersayap... Mbaknya semoga rezekinya lancar segala urusan mudah aamiin," doa akun @Jack28.

"Open donasi bikin warung sederhana tapi layak bisa gak sih????" ucap akun @𝙼𝙸𝚂𝚃𝙴𝚁 𝙾𝙴𝚆𝙸𝙽.

"Masak yang muda gini gak mau kerja... Salut sama nenek," timpal akun @Tansah Kelingan Sliramu 883.

Kisah viral nenek penjual makanan ringan tinggal lemari rongsok.Kisah viral nenek penjual makanan ringan tinggal lemari rongsok. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @menthueel.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Susi Kurniawati sebagai pengunggah video tersebut. Dia mengaku setelah menemui nenek malang tersebut dirinya langsung memberikan bingkisan. Dia pun sempat mengobrol dengan nenek yang hidup seorang diri di lemari tersebut.

Kurnia menyebutkan nenek yang hidup sebatang kara tersebut berada di Jalan Embong Malang Kenongo, Surabaya, Jawa Timur. "Beliau sebatang kara di Surabaya, asli Madura, tidak punya anak suami sudah meninggal tetapi ada saudara di Madura. Ada rumah tetapi peninggalan orang tuanya dulu. Jadi masih milik bersama," ungkap Nia kepada Wolipop, Kamis (11/11/2021).

Wanita yang tinggal di Blora, Jawa Tengah itu menceritakan jika pendengaran nenek tersebut kurang baik. Dan untuk memenuhi kebutuhan hidup, nenek tersebut berjualan di dekat lemari tempat tinggalnya selama hampir 11 tahun. Karena di Surabaya sang nenek tidak memiliki saudara, dia pun terpaksa tinggal di lemari rongsok.

Kurnia mengaku jika awalnya ia ingin membeli minuman ringan yang dijual sang nenek. Dan nenek tersebut tidak menyediakan es batu, kemudian menawarkan minuman botol.

"Hari Minggu, kantor banyak yang tutup tidak ada pembeli, akhirnya saya beli dan saya sering mampir beli minuman. Akhirnya sering cerita-cerita dan sepertinya bantuan sedikit pun sangat berarti," ucapnya sedih.

Tonton juga:'Kreasi Baju Kucing Karya Fredi yang Mendunia'

[Gambas:Video 20detik]



(gaf/eny)