Kisah Pria Gelandangan yang Dulu Hidup Susah Kini Sukses & Punya 100 Rumah

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 05 Nov 2021 06:00 WIB
Nick Mocuta Nick Mocuta/Foto: Instagram/@nickmocuta
Jakarta -

Perjalanan hidup seseorang memang tidak ada yang bisa menebak, sama seperti kisah gelandangan yang satu ini. Siapa sangka pria yang dulunya gelandangan dan tidak memiliki tempat tinggal, kini punya karier yang sukses hingga mampu membeli lebih dari 100 rumah.

Seperti dikutip dari Daily Star, pria bernama Nick Mocuta itu awalnya memilih untuk pindah dan memulai kariernya di Amerika Serikat dengan hanya membawa uang sekitar Rp 7 juta pemberian neneknya. Karena keterbatasan uang yang dimiliki, pria asal Rumania itu sampai pernah tidur selama bertahun-tahun di bangku taman karena tidak memiliki tempat tinggal. Hidupnya pun sangat susah dan hanya mengandalkan makanan-makanan murah untuk mengisi perutnya.

Tak hanya itu saja, saat memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat, Nick Mocuta yang saat itu masih berusia 21 tahun pun tidak lancar berbahasa Inggris. Namun dia memiliki impian dan keyakinan yang kuat untuk bisa hidup sukses.

"Taksi pertama yang saya naiki ke kota menghabiskan biaya sekitar Rp 1,4 juta dan itu membuat saya hanya memiliki sekitar Rp 5,7 juta untuk diri saya sendiri- itu adalah hal yang membuat saya kaget, saya tidak akan pernah melupakan hal itu," terang Nick kepada Jam Press.

Saking susahnya, Nick bahkan akan meminta petugas makanan cepat saji yang biasa dibelinya untuk mengurangi keju di burgernya sehingga dia tak perlu memberikan biaya tambahan. Untungnya setelah beberapa bulan Nick berhasil memperoleh pekerjaan. Walaupun bergaji rendah, namun dari pekerjaan tersebut Nick bisa menabung dan menyewa sebuah apartemen kecil.

Tak puas sampai di situ, berkat kerja kerasnya Nick kemudian berhasil memperoleh lisensi pialang real estate. Pada tahun 2013, Nick kemudian memutuskan untuk memulai usaha baru yang tak disangka akan mengubah hidupnya.

Pria 37 tahun itu menjual barang-barang seperti ponsel dan pelindung hp yang diimpor dari China via eBay. Setelah 6 bulan menjalankan usaha tersebut, Nick berhasil memperoleh uang sekitar Rp 52,5 juta per bulannya.

Setelah merasa bahwa usahanya itu lebih menguntungkan, Nick pun berhenti dari pekerjaannya sebagai broker dan fokus dengan bisnis e-commerce miliknya. Tak disangka 9 tahun kemudian Nick berhasil menjadi warga Amerika Serikat yang memiliki beberapa toko online dan berpendapatan sekitar Rp 575 miliar.

"Saya pikir alasan saya sukses adalah karena saya tidak pernah takut kalah, hanya karena tidak mencoba. Saya sangat gigih dan tidak pernah menyerah. Saya gagal tujuh kali, saya bangun delapan kali," terang Nick.

Kini Nick telah memiliki sekitar 100 tempat tinggal di Amerika Serikat dan Rumania serta 4 mobil mewah. Hidupnya pun menjadi berubah drastis.

(vio/vio)