Colin Powell Meninggal, Ini 13 Prinsip Sukses Menlu Kulit Hitam Pertama AS

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 19 Okt 2021 14:45 WIB
Mantan menteri luar negeri AS Colin Powell meninggal dunia dalam usia 84 tahun. (Foto: AP/KENNETH LAMBERT) Mantan menteri luar negeri AS Colin Powell meninggal dunia dalam usia 84 tahun. (Foto: AP/KENNETH LAMBERT)

7. Anda tidak boleh menentukan hidup orang lain, begitu pula sebaliknya. Tak ada salahnya mendengar saran orang lain, tapi Powell mengingatkan untuk berhati-hati. "Hal yang sering terjadi, mereka selalu mengarahkan Anda untuk mengambil keputusan yang lebih menguntungkan Anda," katanya.


8. Selalu cek hal kecil. "Seorang pemimpin harus punya kepekaan terhadap hal-hal kecil, dan bisa melihat kejelekan yang tak terlihat sampai ke akar-akar organisasi," tulisnya.


9. Beri pujian untuk orang lain ketika bekerja dalam tim. "Yakinkan bahwa keberhasilan terjadi berkat kerja mereka," ujar Powell. Ia menggarisbawahi bahwa pengakuan dan penghargaan adalah kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman.

JAKARTA, INDONESIA - AUGUST 2:  Indonesian President Megawati Sukarnoputri (L) shakes hands with U.S Secretary of State Colin Powell before a meeting on August 2, 2002 at the Presidential Palace in Jakarta, Indonesia. Secretary of State Colin Powell said that the Bush administration planned to spend $50 million over three years on programs to help Indonesia combat terrorism. (Photo by Edy Purnomo/Getty Images) Presiden Megawati Sukarnoputri menerima kunjungan Menlu AS Colin Powell di Istana Merdeka pada 2002. (Foto: Getty Images/Edy Purnomo)


10. Tetap tenang dan tetap menebarkan kebaikan. Ia mengatakan, "Saat berada di 'medan pertempuran' - entah itu dalam dunia militer atau korporasi - kebaikan dan ketenangan memberikan anak buah Anda rasa percaya diri."


11. Punya visi dan menjadi sosok aktif. "Pemimpin hebat menginspirasi para pengikutnya dari segala level untuk meyakini tujuan hidup dan memahami bahwa mereka bisa melakukan lebih dari tugas mereka," katanya.

WASHINGTON, DC - JULY 04:  Former Gen. Colin Powell (Ret.) onstage at A Capitol Fourth concert at the U.S. Capitol, West Lawn, on July 4, 2016 in Washington, DC.  (Photo by Paul Morigi/Getty Images for Capital Concerts)Foto: Paul Morigi/Getty Images


12. Jangan mau dikontrol oleh ketakutan dan rasa pesimis orang lain.

13. Optimisme tinggi akan menggandakan kekuatan. "Jika Anda yakin dan sudah mempersiapkan tim, dan mereka akan mereka mempercayainya," tutur Colin Powell.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dtg/dtg)