Mengenal Kepribadian ESTP, Ekstrovert yang Berani Beda Tapi Kurang Sabar

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 27 Sep 2021 14:45 WIB
Businesswomen and men laughing sitting at conference table Foto: Thinkstock
Jakarta -

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda dan memiliki keunikan juga kelebihannya masing-masing. Untuk orang ESTP, mereka dinilai andal dalam berkomunikasi dan menjadi pusat atensi. Mereka yang punya tipe kepribadian ESTP umumnya mudah ditemukan dalam ruangan karena suka bergaul dan membuat orang tertawa. Yuk, ketahui lebih dalam arti kepribadian ESTP.

Arti Kepribadian ESTP

ESTP adalah kependekan dari Extraversion, Sensing, Thinking, dan Perceiving. Artinya orang yang memiliki tipe kepribadian MBTI ini adalah orang ekstrovert yang mengutamakan indera, keputusan untuk berpikir, dan fleksibel dalam melihat dunia luar. Diprediksi jika ESTP dimiliki 10% masyarakat dunia.

Secara umum, ESTP dikenal pandai bersosialisasi, suka berpetualang, spontan juga menikmati waktu sekarang daripada masa depan. Tak jarang mereka adalah sosok yang aktif dalam memecahkan masalah di sekitar dan mengajak temannya yang pendiam atau pemalu. Karena itu, ESTP disebut pengusaha.

Perbedaan ESTP-A dan ESTP-T

Kepribadian ESTP dibagi menjadi dua yakni ESTP-A dan ESTP-T. ESTP-A (Assertive) secara garis besar adalah orang yang lebih percaya diri, berani, dan termotivasi menghadapi tantangan. Sedangkan ESTP-T (Turbulent) bisa dibilang kebalikannya. Umumnya mereka lebih sulit membuat keputusan, cenderung ingin menghindari masalah, tapi lebih mudah untuk simpati dengan apa yang orang lain pikir atau rasa.

Kelebihan ESTP

Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan ESTP dilansir 16personalities:
- ESTP adalah orang dengan kepribadian yang berani beda dan mau melangkah lebih jauh untuk menemukan ide-ide original dan hal baru.
- Mereka juga orang yang rasional dan praktis.
- Punya keutamaan Perceiving membuat ESTP-A dan ESTP-T mudah melihat perubahan-perubahan di sekitarnya. Dengan kepribadian 'penguaha' mereka pun akan mengajak orang-orang untuk mencari solusi.
- Kebanyakan ESTP adalah orang yang blak-blakan dan suka berkomunikasi dengan cara yang jelas dan apa adanya.
- Salah satu kelebihan utama ESTP adalah semangatnya dalam bersosialisasi. Karena itu, mereka cocok menjadi pemimpin dalam grup.

Kekurangan ESTP

- ESTP bisa menjadi orang yang kurang sabar. Mereka juga tidak suka pelan-pelan atau terlalu lama fokus pada satu hal.
- Karena kepribadiannya yang berani beda, ESTP cukup berisiko dalam mengambil keputusan. Apalagi kadang mereka kurang mementingkan masa depan.
- Para 'pengusaha' bisa jadi kurang terstruktur ketika mencoba memecahkan masalah. Mereka sering kali mengabaikan aturan dan ekspektasi sosial.
- ESTP cenderung suka hidup di masa sekarang dari pada terlalu memusingkan masa depan. Hal itu membuat mereka kadang melewat tujuan besar dari sebuah proyek.

Kepribadian yang Cocok dengan ESTP

Mengingat karakteristik mereka yang dinamis, ESTP bisa jadi serasi dengan orang-orang serupa. Tapi mereka tak selalu harus bersanding dengan ekstrovert. Dikatakan jika ESTP cocok dengan ISFJ dan ISTJ karena sifat sponstan yang melengkapi hubungan.

Karier ESTP

Meski disebut pengusaha bukan berarti orang dengan kepribadian ESTP harus menjadi pebisnis. Berdasarkan karakteristiknya, pekerjaan yang cocok untuk ESTP antara lain paramedis, polisi, tentara, selebriti, manajer hingga chef.

Tokoh ESTP

Beberapa tokoh yang dinilai punya karakter ESTP adalah Jack Nicholson, Eddie Murphy, Madonna, Samuel L. Jackson, Nicolas Sarkozy, dan lain-lain.

(ami/ami)