Cerita Jordi Onsu Jadi Maba di Universitas Harvard, Paling Muda di Kelasnya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 15 Sep 2021 15:45 WIB
jordi onsu Foto: Instagram @jordionsu
Jakarta -

Jordi Onsu telah tiba di Amerika Serikat untuk memulai kuliahnya di Universitas Harvard. Adik dari presenter Ruben Onsu yang membangun bisnis Geprek Bensu itu pun menunjukkan kesehariannya sebagai maba (mahasiswa baru). Di Harvard, Jordi tinggal di asramaselagi menuntut ilmu bersama para pemilik usaha dari berbagai belahan dunia selama dua bulan.

Jordi diterima di Harvard Business School dan tengah berada di Boston untuk mengikuti perkuliahan tatap muka. Ia pun mendokumentasikan perjalanannya dalam sejumlah postingan di YouTube dan Instagram. Meski harus pergi sendirian, ia terlihat semangat menyambut pengalaman barunya kuliah di luar negeri.

Dalam sejumlah video yang diunggah, Jordi Onsu memang belum terlihat mulai kuliah. Ia masih tinggal di hotel selagi mempersiapkan diri untuk masuk asrama. Di hari pertamanya menginjakkan kaki di Boston, Jordi memperlihatkan bagaimana ia belanja kebutuhan sehari-hari hingga mengunjungi kampus Harvard.

jordi onsujordi onsu Foto: Instagram @jordionsu

Selama berkunjung ke salah satu bagian kampus, Jordi berkeliling sendiri karena belum memiliki teman. Ia juga menjelaskan jika di sana sudah tidak memakai masker di luar ruangan karena sudah vaksin dua kali. Para mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pun diwajibkan untuk vaksin.

Jordi mengakui jika ia belum banyak tahu mengenai kampus Harvard. Ia mengatakan tidak sempat untuk mencari informasi karena harus menyelesaikan banyak pekerjaan sebelum pergi kuliah. Tapi mantan artis cilik ini sudah membaca sejumlah studi kasus untuk mempersiapkan kuliah tatap muka yang memang dinantikannya.

"Aku belum pernah kuliah di luar negeri dan pertama kali diterima di Harvard. Di jurusan yang aku mau walaupun ini executive education gitu tapi paling nggak bakal ngerasain experience di sana terus ketemu sama teman-teman dari berbagai negara," ujarnya pada sebuah video yang dirilis bulan lalu.

jordi onsujordi onsu Foto: Instagram @jordionsu

Pebisnis Onsu Pangan Perkasa yang kini sudah memulai perkuliahannya itu mengatakan jika dalam satu kelas ada kurang lebih 100 mahasiswa. Disebutkan jika 30% teman sekelasnya berasal dari Amerika dan sisanya dari berbagai negara lain. Jordi sempat memperlihatkan sesama mahasiswa yang hadir di pertemuan daring dan merasa ia lah yang paling muda.

"Kayaknya aku paling kecil deh guys," kata Jordi. "Rata-rata 30% dari US, sisanya dari luar negeri, aku dari indonesia sendiri guys kayaknya," lanjut pacar dari Frislly Herlind tersebut.

Jordi Onsu mengungkap jika rekan-rekannya yang berasal dari India, Dubai Meksiko hingga Filipina itu kebanyakan adalah pemilik usaha selama lebih dari lima tahun. Di hari perkenalan yang diadakan online, pemain film '3 Pocong Idiot' tersebut sempat mengobrol dengan pemilik usaha popok dari Maroko hingga judi online dari Inggris.

(ami/ami)