Mikha Tambayong Ungkap Perjuangannya Lulus Kuliah S2 di Universitas Harvard

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Jul 2021 13:00 WIB
Mikha Tambayong Mikha Tambayong lulus S2 dari Universitas Harvard dan kursus hukum kontrak dari HarvardX. Foto: Instagram Mikha Tambayong
Jakarta -

Mikha Tambayong kini resmi menyandang gelar MM atau Magister Manajemen setelah menyelesaikan studi S2-nya. Wanita yang dikenal sebagai aktris dan penyanyi itu lulus dari Universitas Harvard. Dalam postingan terbarunya, Mikha pun mengungkap kesulitannya menimba ilmu di salah satu kampus paling bergengsi di dunia itu. Wanita 26 tahun tersebut juga mempersembahkan pencapaiannya kaloi ini untuk sang mama.

Maudy Mikha Maria Tambayong, S.H., MM, baru saja merayakan kelulusannya di International Graduate Program dari Harvard Business School. Meski tidak melangsungkan wisuda, wanita yang juga mendapat sertifikat untuk kursus hukum kontrak dari HarvardX ini tampak berfoto dengan dekorasi meriah hingga balon dan bunga di tangan. "And this one's for my Mama...we made it. 🥳" tulisnya.

Patut dibanggakan, perjuangannya untuk lulus memang cukup menantang terlebih pembelajaran harus dilakukan secara online karena pandemi Corona. "Harus melewati kelas-kelas online dan menghadapi zona waktu yang berbeda untuk mencapai posisi ini,"

"Tapi sekarang aku hanya bisa mengakui kesempatan dan privilese ini, terutama yang diberikan almamater UPH Executive Grad School hingga bisa bertemu teman-teman sekelas yang hebat, menghadiri kelas yang mengubah hidup dari profesor-profesor dari seluruh dunia, dan merasakan perjalanan Harvard singkatku walaupun tidak bisa secara fisik di sana saat itu," tulisnya.

Mikha Tambayong Rayakan Kelulusan di Rumah

Dalam kesempatan itu, Mikha Tambayong mengaku hanya bisa merayakan kelulusan di rumah bersama orang-orang terdekat. Di tengah suasana bahagianya, lulusan S1 Sarjana Hukum dengan predikat cumlaude itu juga tetap mencoba menghormati mereka yang tengah berduka dan kesusahan dalam keadaan sulit belakangan ini.

"Aku telah mendapatkan gelar Master, di rumah dengan orang-orang yang aku sayangi. Dengan tetap menghormati waktu yang sedang sulit ini, aku sangat berterima kasih dan tidak akan menyia-nyiakannya. Aku harap kalian juga menemukan bahkan sedikit cahaya di tengah kegelapan," lanjut Mikha.

Sebelumnya pemain film 'Mahasiswi Baru' itu pernah bercerita bahwa kuliah di Harvard memang sudah menjadi cita-citanya sejak lama. Mikha Tambayong juga mengaku memilih jurusan manajemen karena diharap bisa membantunya dalam karier dan berbeda dari jurusan hukum yang diambil sebelumnya. Pesinetron 'Kepompong' itu pun sempat mengungkap rencananya untuk tetap berkarier di dunia hiburan.

(ami/ami)