Mikha Tambayong dan 5 Artis Lain yang Lulus S2 dari Kampus Bergengsi Dunia

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Jul 2021 18:10 WIB
Mikha Tambayong Foto: Instagram Mikha Tambayong
Jakarta -

Banyak artis Indonesia yang tetap melanjutkan pendidikan meski disibukkan dengan karier di dunia hiburan. Salah satunya adalah Mikha Tambayong yang baru saja lulus S2 dari Universitas Harvard. Selain Mikha, ada lima artis lain yang mendapatkan gelar master dari kampus bergengsi dunia. Siapa saja?

Mikha Tambayong

Mikha TambayongMikha Tambayong Foto: Instagram Mikha Tambayong

Mikha Tambayong kini resmi menyandang gelar MM atau Magister Manajemen setelah menyelesaikan studi S2-nya. Aktris dan penyanyi itu lulus dari International Graduate Program di Harvard Business School. Kuliah di tengah pandemi, Mikha mengaku cukup kesulitan menghadiri kelas online karena zona waktu yang berbeda. Untungnya, ia bisa menyelesaikan studi dengan lancar bahkan juga mendapat sertifikat kursus hukum kontrak dari HarvardX.

Maudy Ayunda

Maudy AyundaMaudy Ayunda Foto: Instagram @maudyayunda

Sebelum Mikha, ada Maudy Ayunda yang tahun ini juga sudah menyelesaikan studi S2 di luar negeri dengan beasiswa LDPD. Maudy meraih dua gelar sekaligus yakni Master of Business Administration (MBA) dan Master of Arts (MA) dari Universitas Stanford. Kuliah di masa pandemi, aktris dan penyanyi itu juga menemukan tantangan yang sama yakni belajar daring. Sedangkan untuk S1, Maudy memilih Universitas Oxford.

Tasya Kamila

Tasya KamilaTasya Kamila Foto: Tasya Kamila (Instagram)

Tasya juga merupakan salah satu artis Indonesia yang lulusan S2 dari kampus bergengsi dunia. Mantan penyanyi cilik tersebut mendapatkan gelar master-nya dari Columbia University. Ibu dari satu anak itu mendapat beasiswa LPDP ketika mengambil jurusan Master of Public Administration. Sebelumnya Tasya lulus S1 dari Universitas Indonesia di Fakultas Ekonomi.

Gita Gutawa

Gita Gutawa saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru.Foto: Palevi S/detikFoto

Gita Gutawa adalah penyanyi berprestasi lain yang juga menerima beasiswa dari universitas luar negeri. Anak dari komposer Erwin Gutawa ini mendapat bantuan dana pendidikan dari Birmingham University, Inggris. Setelah lulus dengan sarjana ekonomi, ia lalu dapat tawaran beasiswa S2 di London School of Economics and Political Science, LSE Inggris.

Vidi Aldiano

Instagram/vidialdianoMakin kekar Foto: Instagram/vidialdiano

Sedangkan Vidi Aldiano mendapatkan gelar S2- dari universitas bergengsi di Inggris. Vidi dilaporkan menerima beasiswa langsung dari kampus Universitas Manchester untuk meraih gelar Master of Science di jurusan Innovation Management and Entrepreneurship. Di 2015, penyanyi itu lulus S2 dengan predikat cumlaude.

Alyssa Soebandono

Alyssa SoebandonoAlyssa Soebandono Foto: Instagram/ichasoebandono

Selain Mikha Tambayong, artis Indonesia lain yang juga bergelar master adalah Alyssa Soebandono. Pesinetron yang menikah dengan Dude Herlino itu melanjutkan pendidikan S2 di Sussex University, Brighton, Inggris dan menerima predikat mahasiswa terbaik. Sebelumnya, ia mendapat beasiswa penuh ketika kuliah S1 di Monash University, Australia untuk jurusan Communication Art.

(ami/ami)