Contoh Format Surat Lamaran Kerja yang Benar, Biar Dilirik HRD

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 13 Sep 2021 19:31 WIB
Contoh surat lamaran kerja. Foto: Getty Images/Marco VDM Contoh surat lamaran kerja. Foto: Getty Images/Marco VDM
Jakarta -

Buat kamu yang sedang gencar melamar pekerjaan, menulis surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengirimkan surat lamaran kerja akan membantu mendapatkan perhatian orang yang bertugas sebagai perekrut. Berikut format surat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan.

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa itu surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja adalah surat yang harus dikirim atau diunggah bersama resume kamu saat melamar pekerjaan. Sementara resume kamu menawarkan riwayat pengalaman kerja dan garis besar keterampilan juga pencapaian kamu sedangkan, surat lamaran kerja menjelaskan mengapa kamu memenuhi syarat untuk posisi itu dan harus dipilih untuk wawancara.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja bisa jadi hal yang menantang. Namun, jika kamu melakukannya selangkah demi selangkah, kamu akan bisa menulis surat lamaran kerja yang baik.

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, lakukan beberapa pekerjaan dasar. Pertimbangkan informasi apa yang ingin kamu tulis di dalamnya.

I'd be lost without my cellphonecontoh surat lamaran kerja. Foto: Getty Images/Marco VDM

Perlu kamu ingat juga, surat ini membuat membantu meyakinkan perusahaan bahwa kamu tepat untuk posisi itu. Kamu perlu tahu apa yang diinginkan perusahaan. Kamu bisa dapatkan petunjuk tersebut di dalam iklan pekerjaan, jadi luangkan waktu untuk mencari tahunya. Selanjutnya, sesuaikan kualifikasi kamu dengan keinginan dan kebutuhan pemberi kerja.

Sertakan kualifikasi kamu yang paling relevan. Buat daftar pengalaman dan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Misalnya, jika iklan pekerjaan membutuhkan pemimpin yang kuat, pikirkan contoh saat kamu berhasil memimpin sebuah tim. Setelah kamu membuat catatan dan mengetahui apa yang ingin disoroti dalam surat, kamu siap untuk mulai menulis.

Pedoman Penulisan Format Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja sangat berbeda dengan mengirimkan email kepada teman atau ucapan terima kasih kepada kerabat. Pihak pemberi kerja atau dalam hal ini HRD akan memerhatikan bagaimana penampilan surat lamaran kerja kamu, dari panjangnya (tidak lebih dari satu halaman) hingga ukuran dan gaya font hingga spasi huruf.

- Panjang surat lamaran kerja: surat lamaran tidak boleh lebih dari satu halaman. Paling tidak hanya tiga sampai empat paragraf.

- Format dan margin halaman surat lamaran kerja: surat lamaran harus diberi spasi tunggal dengan spasi di antara setiap paragraf. Gunakan margin sekitar 1 inch atau sekitar 2,5 cm dan ratakan teks ke kiri, yang merupakan perataan standar untuk sebagian besar dokumen.

- Font surat lamaran kerja: gunakan font tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font harus antara 10 dan 12.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk mengetahui format surat lamaran kerja, termasuk apa saja yang harus ditulis pada bagian pembuka, isi dan penutup.

Selanjutnya
Halaman
1 2