6 Soft Skills yang Wajib Kamu Pelajari Untuk Jadi Orang Kaya

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 10 Agu 2021 08:00 WIB
The model has the looks for Japanese, Chinese, Thai or Taiwanese people. Foto: Getty Images/iStockphoto/tun723
Jakarta -

Soft skill bisa menjadi sesuatu yang justru mengantar orang pada kesuksesan dibanding hard skill. Soft skill umumnya tidak dipelajari secara formal dan terkait dengan cara berkomunikasi atau membawakan diri dalam lingkungan pekerjaan. Kamu mungkin sudah mengetahui dan mempelajari berbagai soft skill yang banyak dibicarakan pakar. Berikut enam di antaranya yang dimiliki para miliuner.

1. Mempersuasi Orang
Ken McElfroy yang merupakan CEO di perusahaan MC Companies baru-baru ini membagikan sarannya mengenai soft skill di LinkedIn. Menurutnya untuk bisa jadi miliuner, para profesional perlu mempelajari enam di antaranya, salah satunya mempersuasi atau kemampuan meyakinkan seseorang agar mendapatkan apa yang kita inginkan.

Bukan untuk memperdayai atau memanfaatkan secara negatif tapi mendukung cita-cita atau tujuan karier. Misalnya saja meminta dukungan dari keluarga untuk memulai bisnis, meyakinkan calon bos untuk menerima lamaran kamu, hingga membujuk investor untuk berinvestasi.

2. Membaca Pikiran Orang
Dalam penjelasannya, Ken menganggap jika membaca pikiran adalah soft skill penting. Tidak dengan menjadi cenayang tapi punya insting untuk mengetahui siapa saja yang pantas untuk dipercaya. Kamu juga disarankan untuk bisa membaca sinyal dari investor, pelanggan, dan rekan kerja. Bagaimana caranya? Kamu perlu memposisikan diri sebagai mereka dan mengetahui apa yang mereka butuhkan.

3. Membagi Kekayaan
Dikatakan Ken McElfroy bahwa seseorang justru tidak boleh menang sendiri ketika ingin jadi miliuner. Berbagi kekayaan atau beramal adalah soft skill yang penting dipertahankan sepanjang hidup. Selain untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, tujuan lainnya adalah untuk membangun reputasi.

"Cara-cara yang bisa digunakan seperti menggelar acara amal, membagikan kupon hadiah, membiarkan orang mengetes produkmu secara gratis. Kamu harus mau mengeluarkan hasil kerjamu secara gratis. Kamu harus mau berbagi dalam bisnis untuk membangun reputasi dan sumber rujukan dari klien," ujarnya.

4. 'Memanfaatkan' Orang
Soft skill lain yang perlu diasa adalah kemampuan untuk memanfaatkan orang lain. Maksudnya kamu harus bisa menggunakan dengan baik kesempatan dipertemukan dengan orang-orang penting. Entah itu teman, rekan kerja, atau keluarga, meminta bantuan dari mereka untuk mengembangkan bisnis atau karier kamu tak ada salahnya dilakukan. Tentu bukan dengan cara atau tujuan yang jahat

5. Memecahkan Masalah
Kemampuan memecahkan masalah adalah soft skill yang selalu dicari oleh calon bos atau HRD dari para pelamar. Pekerja yang bisa mencari solusi dengan rasional tentu diinginkan karena bisa berkontribusi pada perusahaan. Karena itu, cobalah berlatih cara menghadapi dan menyelesaikan problema dengan tenang yang tidak membuat kalut diri sendiri juga rekan lain.

6. Berkata Tidak
Soft skill lain yang tak kalah penting untuk bisa jadi orang kaya adalah berkata tidak. Menolak ajakan atau tawaran yang kurang bermanfaat bisa membuat kamu lebih sukses dan dihormati. Punya prinsip untuk berkata tidak dinilai sebagai sebuah fondasi untuk membangun kehidupan yang kamu inginkan.

(ami/ami)