Simak! Ini Lho 5 Hal Penting Sebelum Gunakan Jasa ART di Rumah

Nurcholis Maarif - wolipop Kamis, 15 Jul 2021 10:49 WIB
Simak! Ini Lho 5 Hal Penting Sebelum Gunakan Jasa ART di Rumah Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Menggunakan jasa asisten rumah tangga (ART) menjadi pilihan buat masyarakat yang cukup sibuk dengan pekerjaan hariannya, sehingga tidak bisa mengurus rumah. Kehadiran ART sangat membantu untuk meringankan pekerjaan domestik.

Mulai dari bersih-bersih dan beres-beres rumah, memasak, mencuci, hingga mengurus anak. Makanya tak heran jika jasa ART sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang, terutama oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa atau mempekerjakan ART di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir dari Lifepal, berikut lima hal yang harus diperhatikan dalam memilih ART.

Cari ART yang Bisa Dipercaya

Keamanan di dalam rumah sangat penting banget untuk kamu yang pengin mempekerjakan ART. Makanya usahakan mencari orang yang bisa dipercayai buat bekerja di rumah nantinya.

Selain itu, usahakan juga mendapatkan ART dari sumber yang dipercaya. Kamu juga harus mengetahui pengalaman kerja hingga latar belakang ART tersebut. Hal tersebut bisa didapatkan saat wawancara dengan calon ART.

Gunakan Jasa ART Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan memilih asisten rumah tangga, kamu disarankan untuk memberi tahu kriteria ART yang sedang dicari dan dibutuhkan. Jika menggunakan layanan penyalur ART maka sebutkan kriteria jelasnya, seperti usia, pengalaman kerja, hingga keterampilan ART yang ingin dipekerjakan.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi agen penyalur atau teman dan keluarga yang ingin membantu mencarikan asisten rumah tangga untukmu.

Sesuaikan Bujet dengan Pekerjaan dan Jam Kerja ART

Kamu harus menyediakan biaya untuk menggaji ART dari pengeluaran wajib setiap bulannya. Tentu akan berbeda ART yang bekerja full setiap hari dengan ART yang hanya bekerja harian atau pulang-pergi.

Selain itu, perhatikan juga antara gaji yang diberikan dengan pekerjaan ART. Jangan sampai ART bekerja tanpa mengenal waktu dan melebihi kapasitas pekerjaannya.

Buat Kontrak di Atas Hitam Putih

jika sudah cocok dengan kriteria ART maka langkah selanjutnya adalah membuat surat kontrak kerja secara tertulis. Ini agar hak dan kewajiban kedua belah pihak terpenuhi.

Hal-hal yang harus ada dalam surat kontrak kerja ini seperti besar gaji, jumlah cuti, jam kerja, tugas harian, dan lainnya. Tidak lupa uang THR hingga benefit lainnya.

Bayar Gaji dengan Nontunai

Pandemi mengakselerasi digitalisasi di masyarakat Indonesia, termasuk dalam urusan transaksi uang yang kini lebih banyak dilakukan secara online. Hal ini juga bisa digunakan kamu yang mempekerjakan ART di rumah, terutama untuk memberi uang untuk berbelanja hingga menggaji ART.

Pemberi kerja ART bisa menggunakan berbagai platform seperti dompet digital untuk menggaji ART agar lebih aman dan mudah. Misalnya aplikasi DANA yang dalam rangka kampanye WWB Women Domestic Workers memberikan berbagai keuntungan, baik untuk pemberi kerja maupun untuk ART yang menggunakan aplikasi tersebut.

Keuntungan tersebut di antaranya pertama, kirim uang bisa langsung ke nomor ponsel dan tanpa rekening bank. Kedua, gratis kirim uang ke kampung, bisa ke sesama DANA & semua bank. Tentu keuntungan kedua ini sangat bermanfaat untuk ART yang merantau dari kampungnya. Ketiga, bisa ditarik tunai di Alfamidi, DAN+DAN, dan pegadaian.

Keempat, langsung ada bukti transfernya dan tercatat di Riwayat Transaksi. Kelima, bisa sekalian simpan uang juga di DANA Goals. Sebagai catatan, pastikan juga antara pemberi kerja dan ART-nya sudah meng-upgrader DANA Premium untuk menikmati semua kemudahan ini.

(ads/ads)