Viral Instuktur Zumba Wanita Curhat Sepi Job karena Pandemi, Bikin Sedih

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 17 Jul 2021 07:00 WIB
rida setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial. Foto: Dok.Instagram @rida_setiani.
Cimahi -

Angka positif Corona di Tanah Air semakin melonjak. Untuk itu, pemerintah mengambil kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Di balik kebijakan tersebut, pelaku sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan banyak orang lainnya terkena dampaknya. Seperti hilangnya pekerjaan dan penghasilan.

Salah satu orang yang terdampak pandemi ini adalah Rida Setiani, instruktur kebugaran di Cimahi, Jawa Barat. Kisah Rida terdampak pandemi mendadak viral di media sosial karena dia membuka harga kelas senam dengan harga Rp 10.000 per 65 menit.

rida setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial.Foto Rida Setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial. Foto: Dok.Instagram @rida_setiani.

Lewat akun Instagramnya @rida_setiani, ia mengumumkan jika penghasilannya terdampak pandemi. Sementara dia harus mencari uang untuk makan dirinya dan anaknya serta membayar berbagai cicilan. Rida pun membanting harga agar banyak yang mendaftar di kelas senam secara daring.

"Abu butuh uang untuk makan aku dan anakku. Serta untuk bayar cicilan-cicilan. Karena musim COVID-19 mempengaruhi penghasilanku. Please bantu join class Zoom aku link entry/orang hanya Rp 10.000 durasi olahraga 65 menit," tulis @rida_setiani.

Melalui unggahannya, Rida mengaku kesulitan menawarkan kelas senamnya tersebut. Peminat kelas olahraganya hanya sedikit.

"Aku lagi susah jualan kelas nih, pesertanya sedikit maaf aku gak malu bilang gini karena sudah bingung," tulisnya.

[Gambas:Instagram]

Konfirmasi Wolipop

Wolipop menghubungi Rida Setiani, instruktur olahraga seperti zumba, poundift, salsation dan lain-lain. Rida yang curhatnya terdampak pandemi ini menjadi viral mengaku sebelum ada virus COVID-19, banyak peserta yang ikut kelasnya.

Namun semenjak 2020 sering dengan semakin banyaknya penderita Corona, dia memutuskan untuk membuka kelas secara daring. Dan Rida merasa putus asa sejak PPKM 2021 diberlakukan karena kelas daring yang diadakannya semakin sepi peminat.

Peminat kelasnya yang semakin sepi, ia pun tak tinggal diam. Dia memanfaatkan akun media sosial untuk berpromosi. Padahal sebelumnya Rida tak terlalu gemar membuat status baru di akun media sosialnya.

Hingga akhirnya Rida membuat status yang membuat netizen pilu. Dalam unggahannya dia tak malu-malu mengaku susah mendapatkan peserta untuk kelas olahraganya. Rida pun mengungkapkan alasannya nekat membuat unggahan tersebut.

"Aku biasanya sehari-hari hanya posting tentang kelas saat mengajar olahraga dan promo jadwal. Waktu itu kayak sudah nggak kuat dengan situasi, secara tiba-tiba menulis itu karena frustasi dengan kelas yang sudah sepi dan kosong," kata Rida, Kamis (15/7/2021).

rida setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial.Instruktur kebugaran viral di media sosial. Foto: Dok.Instagram @rida_setiani.

Wanita 37 tahun itu sebenarnya merasa malu mengunggah postingan tersebut. Dan dia pun tak menduga ketika unggahannya tersebut menarik atensi netizen dan disebarkan ulang alias viral.

Kini setelah viral di media sosial, kelas senam daringnya penuh. Banyak peserta dari berbagai kota bergabung untuk mengikuti kelas senamnya.

"Sebenernya malu itu banyak yang repost, tapi efeknya saat ini jadi banyak peserta dari kota lain join kelas aku," ujarnya haru dan penuh syukur.

Rida sudah tertarik pada dunia olahraga sejak usia lima tahun. Dia pernah mengikuti kelas gymnastic sampai usia 12 tahun.

Kemudian ia melanjutkan kecintaannya pada dunia senam aerobik dari usia 15-27 tahun. Setelah itu menekuni zumba, salsation, yoga, poundfit, dan strongnation pada usia 25-37 tahun.

rida setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial.Foto Rida Setiani, Instruktur kebugaran viral di media sosial. Foto: Dok.Instagram @rida_setiani.
(gaf/eny)