Gaya Anggota DPR Termuda Korsel Disorot, Promosi RUU Pakai Dress Terbuka

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 17 Jun 2021 13:15 WIB
Ryu Ho Jeong Foto: Instagram @ryuhojeong92
Jakarta -

Politisi millennial Ryu Ho Jeong kembali jadi perbincangan. Masih soal RUU yang sedang diperjuangkannya, kemarin ia menggelar konferensi pers sebagai usaha melegalisasi tato. Wanita yang disebut anggota DPR termuda di Korea Selatan itu pun lagi-lagi menarik atensi publik. Kali ini karena pakai dress terbuka sela mempromosikan undang-undang mengenai seni gambar di tubuh itu.

Ryu Ho Jung belakangan tengah gencar mempromosikan RUU terkait tato. Wanita 29 tahun tersebut ingin menghapus anggapan bahwa orang bertato punya imej yang jelek, terutama di lingkungan pekerjaan. Dikatakan jika artis tato terancam kehilangan pekerjaan bahkan dipenjara dan profesi mereka tidak dikenakan pajak karena ilegal. Menurutnya, itu bisa mengambil sumber dana potensial untuk negara mereka.

Untuk meloloskan rancangan undang-undang itu, Ryu Ho Jeong mempromosikannya dengan mengadakan sebuah konferensi pers kemarin. Bersama dengan komunitas tato, ia memaparkan penjelasan tersebut di depan gedung DPR. Yang membuatnya jadi perbincangan adalah busana yang digunakan. Ryu Ho Jeong terlihat menggunakan dress dengan punggung terbuka berwarna ungu yang mencuri perhatian.

Ryu Ho JeongRyu Ho Jeong Foto: Instagram @ryuhojeong92

Tak hanya baju terbuka yang memperlihatkan bagian belakang tubuhnya, punggung Ryu Ho Jeong juga digambar seolah merepresentasi tato. Wanita tersebut menunjukkannya dengan percaya diri di depan para media. 'Tato-tato' itu juga diperlihatkan ketika ia memimpin orasi mengenai kebebasan berekspresi.

Dalam orasinya, Ryu Ho Jeong mengungkap opininya mengenai tato yang seharusnya tidak ditutupi dalam siaran televisi atau tidak mempengaruhi penilaian dalam pekerjaan. "Sebuah tato juga bagian dari penampilan seseorang dan sama pentingnya dengan rambut, makeup, fashion, dan bentuk tubuh. Itu adalah hak dasar setiap orang yang harus dilindungi dengan kebebasan," ujarnya.

Ryu Ho JeongRyu Ho Jeong Foto: Instagram @ryuhojeong92

Hal tersebut tentu bukan pemandangan yang familiar di dunia politik Korea. Mengundang protes dari publik, beberapa orang menganggap politisi itu melakukan hal yang gila. Meski begitu, banyak pula yang memuji sikap beraninya.

"Seorang anggota DPR punya keberanian untuk mengenakan itu," "Dia terlihat seperti wania yang bekerja paruh waktu," "Aku menantikan ada perwakilan wanita di DPR tapi ini sangat mengecewakan," tulis komentator.

Ryu Ho Jeong sendiri bukan pertama kalinya menarik perhatian karena busana. Ryu Ho Jeong pernah mengenakan baju yang terlihat kasual saat sidang yakni dress di atas lutut dan sneakers yang juga mengundang kritik dan komentar bernada seksis. Sedangkan beberapa waktu lalu, ia juga pernah memakai helm dan seragam pekerja pabrik ketika audit parlemen.

(ami/ami)