Ulang Tahun ke-80, Mien R. Uno Bagikan Sejarah Hidupnya dalam 2 Buku

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 21 Mei 2021 12:45 WIB
Buku Mien Uno Foto: Dok. Gramedia
Jakarta -

Mien R. Uno dikenal sebagai pakar etika sekaligus pengajar yang masih aktif hingga sekarang. Ibu dari Sandiaga Uno tersebut tentu punya banyak pengalaman dan pengetahun dalam hidup yang membuatnya sudah mengeluarkan 10 buku. Menginjak delapan dekade usia, Mien Uno pun kembali membagikan sejarah hidupnya yang bisa dijadikan inspirasi dan pembelajaran kepada anak-anak muda.

Mien Uno baru saja menerbitkan dua buku baru untuk memperingati usianya yang ke-80. Adalah Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno dan Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno. Dalam dua buku tersebut, terungkap bagaimana sosok asli pemilik Sekolah Duta Bangsa ini hingga perjalanan hidupnya dalam menghadapi beragam zaman beserta tantangannya.

Sosok Mien Uno sendiri memang telah lama menjadi perhatian publik. Dalam Press Talk Peluncuran Buku dan Syukuran Ulang Tahun ke-80 Mien R. Uno yang diadakan Kamis, (20/5/2021) disebutkan banyak orang mengagumi kepribadian yang sederhana dan prinsip-prinsip hidupnya. Dituangkan dalam buku bahwa Mien Uno mendapatkannya dari ajaran orangtua.

"Jadi gini apa yang saya lakukan, apa sepak terjang saya adalah bagian kehidupan orangtua saya. Karena dua-duanya pendidik, dari mereka saya belajar bagaimana seharusnya orang punya nilai-nilai yang bisa ditularkan kepada lingkungan dan mereka selalu mengajarkan kebersamaan," katanya.

"Dalam artian dulu banyak murid, tukang mampir ke rumah dan mereka nyaman karena disambut sebagaimana tamu disediakan kue, kopi, makan siang sama-sama dengan keluarga delapan anak. Itu menjadi bagian dari kebahagiaan. Jadi kami diajarkan nggak boleh memperlakukan tukang sembarangan, harus sopan kalau nggak distrap," lanjut Mien.

Buku Mien UnoBuku Mien Uno Foto: Dok. Gramedia

Dalam buku Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno, sebanyak 17 narasumber dari orang-orang terdekat mengungkap hubungan mereka dengan Mien. Penulis pun membeberkan satu hal yang bisa diambil sebagai benang merah yakni sosoknya yang sederhana. Dikatakan penulis jika hubungan Mien Uno dengan menantu adalah salah satu bagian paling menarik.

"Saya melihat bagaimana para menantu nyaman dengan ibu mertua karena sosok yang terbuka, mengayomi, dan menyenangkan. persahabatan dengan menantu ini menarik karena mereka memang benar-benar dekat," kata Debbie Suryawan.

Sedangkan dalam Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno, ibu dua anak tersebut membagi kisah hidupnya saat melewati berbagai rintangan. Mien pun mengungkap salah kesulitan yang tidak bisa dilupakannya yakni saat memulai bisnis pesawat terbang. Mengaku tertarik pesawat karena anak-anaknya namun setelah ditekuni ia merasa tidak cocok berbisnis karena tidak ingin merugikan orang lain.

"Dulu waktu muda banyak tawaran bisnis, termasuk pesawat terbang Auri untuk dijual ke AS. Tapi saya bukan naluri pengusaha. Jadi kalau orang lain rugi saya merasa berdosa akhirnya kembali lagi ke jalur pendidikan. Pernah juga ditawari jadi anggota DPR, dibilang tidak usah capek-capek ngajar, saya bilang tidak," katanya.

Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno sudah bisa ditemukan di toko buku seharga Rp 198 ribuan. Sementara Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno bisa mulai didapatkan pada bulan Juni.

(ami/ami)