ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Drama ART

Kisah Emak-emak yang Pusing karena Drama ART Tak Kembali Usai Lebaran

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 09 Mei 2021 16:31 WIB
Foto: Dok. pribadi Chinndy Vintayana. Foto: Dok. pribadi Chinndy Vintayana.

Chindy mengaku pernah ada ART-nya yang pulang kampung karena anaknya sakit. ART tersebut tidak kembali lagi karena anaknya meninggal.

"Adalagi yang ibunya katanya sekarat, tidak balik lagi karena fokus mengurus anaknya. Yang terakhir banget, yang baru pulang tanggal 5 Mei 2021 kemarin, memang sudah tidak akan dipekerjakan lagi. Karena kurang cocok sama anakku," jelasnya sambil menghela nafas.

Wanita yang tinggal di Cibubur, Jakarta Timur ini menuturkan jika ia pernah kehilangan harta benda. Karena bergonta-ganti ART, ia jadi tak bisa memprediksi pelaku yang mencuri di rumahnya.

"Dan lagi, mbak-mbak jika sudah mendekati Lebaran jadi kurang semangat kerjanya. Karena pikirannya sudah mudik terus apalagi dengan adanya larangan mudik, mereka jauh-jauh hari meminta pulang kampung," tuturnya.

"Seperti mbakku yang terakhir berjanji, akan pulang ketika sudah habis Lebaran. Tetapi mendadak bilang mau pulang, ini aku yakin dia menerima tawaran ART infal dengan gaji yang menggiurkan pastinya," lanjutnya.

"Setiap ART mempunyai alasan masing-masing buat pulang kampung seperti ingin merayakan dengan keluarga, tapi ART aku memang ajaib-ajaib. Seperti yang aku sebutkan diatas alasannya hehehe," imbuhnya.

Potret keluarga Ayu Dwi Aryani.Potret keluarga Ayu Dwi Aryani. Foto: Dok. pribadi Ayu Dwi Aryani.

Tak jauh berbeda dengan Okky dan Chindy, Ayu Dwi Aryani juga merasakan hal yang sama. Ia mengungkapkan sudah lebih dari 20 kali berganti ART.

Semenjak awal menikah pada 2016, Ayu dan suaminya sepakat untuk memakai jasa ART. Ia mencari seseorang yang jujur, niat dalam bekerja dan ikhlas.

Jika mendekati Lebaran, Ayu menuturkan ART-nya merasa senang karena kan bisa pulang kumpul bersama keluarga.

"Aku biasanya sih kasih dia H-2 pulang. Kalau posisinya masih satu kota ya tapi kalau beda kota biasanya H-4 sudah pulang. Seminggu bahkan bisa lebih," tutur Ayu dengan ramah.

Wanita yang tengah mengandung anak keduanya ini mengaku kerap mengalami kejadian yang tak menyenangkan dengan ART-nya. Apalagi jika ia mendengar jika ART-nya tak mau kerja lagi usai Lebaran.

"Soalnya cari ART zaman sekarang itu susah banget apalagi yang sreg di hati ya. Kebanyakan mereka apalagi yang masih umur-umur muda dia lebih ke yang coba-coba kerja jadi masih suka pindah-pindah tempat kepengen rasain kerja di rumah A B C padahal menurutku kerja di mana pun sama saja. Asal niatnya dia niat bekerja mah ya," ungkapnya pusing.

Alasan ART untuk tak kembali bekerja pun beragam. Dia pernah mendapat ART yang tidak kembali dari mudik karena mengaku tidak diperbolehkan kerja oleh suaminya. "Padahal waktu dia awal kerja kepengen banget kerja karena suaminya. Terus mba yang satunya lagi nggak balik karena mau kerja di warteg di tempat saudaranya. Pasrah sih nggak ada yang tahu bener atau nggaknya," tuturnya.

Ayu pasrah jika mendekati Lebaran apakah ART-nya akan bekerja lagi atau tidak di rumahnya. "Hingga saat ini aku sudah merasa kenyang sama asisten rumah tangga. Karena sudah lebih dari 20 kali ganti asisten rumah tangga," pungkasnya seraya tertawa.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)