Viral Netizen Ungkap Gaji ART di Rumahnya, Bikin Shock, Setara Gaji Insinyur

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 08 Nov 2020 19:30 WIB
The bottle with the preparation for the care of cuticles and nails Ilustrasi Asisten Rumah Tangga / Foto: Thinkstock
Jakarta -

Menjadi asisten rumah tangga seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menghasilkan dan dipandang sebelah mata. Menurut kamu, kira-kira berapa penghasilan dari seorang pembantu rumah tangga? Seorang netizen Facebook membeberkan gaji asisten rumah tangga dari Filipina. Postingan itu kemudian menjadi viral karena dianggap oleh beberapa orang terlalu mahal.

Gaji tersebut awalnya diungkap oleh pemilik akun bernama Amir Zain di Facebook. Dalam unggahannya pada 2 November 2020 dia mengatakan bahwa gaji yang mahal itu sesuai dengan latar belakang bagus dari para asisten rumah tangga. Selain itu juga karena para asisten rumah tangga harus mengurus dan membayar perizinannya sendiri. Walaupun demikian banyak orang yang merasa tidak keberatan dan sanggup membayar gaji tinggi untuk asisten rumah tangganya.

"Baru selesai menghubungi agensi untuk menyewa pembantu rumah tangga. Kebutuhan saat ini adalah pembantu asal Filipina. Berdasarkan temuan saya, mereka memiliki rekam jejak atau latar belakang yang sangat baik (komunikasi, profesionalisme, kepatuhan, sikap, dll). Kebanyakan dari mereka menganut agama Kristen, ART asal Filipina itu harus diberi libur 1 hari setiap minggu. Adapun gaji mereka di Malaysia sekitar RM 3000 - RM 3500 per bulan (setara dengan Rp 10-12 juta per bulan)" tulisnya.

"Gaji tinggi ini bukan lelucon, masih banyak orang yang mau mempekerjakan mereka," tambah Amir.

Postingan yang diunggah oleh Amir itu kemudian menjadi viral setelah diunggah ulang oleh salah satu akun Twitter bernama @mkhairulazri. Unggahan dari Khairul Azri itu pun hingga kini telah memperoleh lebih dari 2,8 ribu retweet, 2 ribu likes, dan beragam komentar.

"Pembantu anak saya hanya Rp 3,4 juta... bekerja mengasuh anak saya berumur 10 tahun," komentar salah seorang netizen.

"Gaji law grad chambering KL RM1200 (Rp 4,1 juta), lepas jadi associate pun RM2800 (Rp 9,6 juta) je," tambah netizen lain.

"Gaji insinyur RM1.2k (Rp 4,1 juta)," komentar lainnya.

Walaupun demikian beberapa netizen terlihat tidak keberatan dan mengatakan bahwa pembantu asal Filipina memang sudah sewajarnya mendapatkan gaji tersebut. Hal itu dikarenakan pembantu dari Filipina kebanyakan memiliki hasil kerja yang bagus.

"Nah, pembantu dari Filipina memang pantas bisa mendapatkan gaji seperti itu, hasil pekerjaannya pun luar biasa," tulis salah satu netizen dalam kolom komentar.

(vio/vio)