Kisah Politisi Wanita Inggris yang Kabur dari Korut, Hampir Mati Jadi Budak

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 18 Feb 2021 14:15 WIB
Foto: Twitter Jihyun Park Foto: Twitter Jihyun Park
Jakarta -

Jihyun Park terpilih sebagai anggota dewan konservatif Inggris April tahun lalu. Perjalanannya hingga bisa jadi orang berpengaruh ternyata jauh dari kata mudah. Jihyun lahir di Korea Utara dan harus mempertaruhkan nyawanya untuk keluar dari negara tersebut dan mendapat kebebasan hidup. Ia bahkan mengaku pernah menjadi budak dan melihat keluarganya kelaparan.

Jihyun Park dipercaya merupakan keturunan Korea Utara pertama yang ikut pemilu di Inggris. Sebelum jadi anggota dewan, ia merupakan aktivis yang memperjuangkan hak-hak orang Korea Utara. Jihyun sendiri kabur dari Korut pada 1998 dan menjadi warga Inggris setelah mengalami sejumlah kesusahan.

"Aku melihat pamanku meninggal di depan mataku. Dia tidak terlihat seperti manusia karena hanya tinggal tulang dan kulit. Ayahku tidak tahu apakah perjalananku akan sukses atau tidak tapi dia punya harapan dan itu adalah sesuatu yang kami tidak punya kalau kami tinggal. Aku meninggalkan ayahku sakit dan sendiri, hingga kini aku tidak tahu apa yang terjadi dengannya," kata Jihyun dilansir Dailymail.



Ia kabur dari Korut melewati perbatasan China dengan saudaranya setelah melihat ayah dan pamannya mati kelaparan karena paceklik. Jihyun kemudian menjadi korban perdagangan manusia dan terpaksa menikah dengan seorang petani di China untuk menyelamatkan adiknya. Tapi sayangnya mereka ditipu karena adiknya dikembalikan ke Korea dan sampai sekarang Jihyun tidak tahu apakah ia masih hidup.

Saat dinikahkan paksa sebenarnya Jihyun tidak ingin punya anak tapi akhirnya ia bersyukur kehadiran anak membawanya pada keluarga dan harapan. "Hidupku seperti perbudakan dan aku tidak ingin seorang anak lahir dari itu. Tapi aku berubah pikiran. Aku pikir mungkin anak ini mungkin bisa memberiku harapan. Aku telah kehilangan semua keluargaku tapi anak ini bisa memberiku mimpi untuk kehidupan lain," ungkap ibu dari anak bernama Chol yang berarti baja.

Selanjutnya
Halaman
1 2