Sosok Sharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite yang Mencuri Atensi

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 10 Feb 2020 17:52 WIB
SANTA BARBARA, CALIFORNIA - JANUARY 23: Sharon Choi and Bong Joon-ho speak onstage at the Outstanding Directors of the Year during the 35th Santa Barbara International Film Festival at the Arlington Theatre on January 23, 2020 in Santa Barbara, California. (Photo by Matt Winkelmeyer/Getty Images for SBIFF) Sutradara Bong Joon Ho dan Sharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite. Foto: Getty Images
Jakarta -
Film Parasite yang baru saja menang Oscar dan dinominasikan di banyak penghargaan film bergengsi lain memunculkan sosok Sharon Choi. Dalam berbagai wawancara sutradara dan para pemain Parasite, Sharon Choi memang selalu hadir sebagai penerjemah. Kehadiran Sharon pun lama-lama mencuri perhatian para penonton. Banyak orang penasaran dengan sosoknya yang ternyata juga seorang filmmaker.

Sharon Choi adalah penerjemahan yang dibawa tim Parasite ke berbagai kesempatan wawancara, forum, dan acara penghargaan. Dilansir The Guardian, ia merupakan orang Korea-Amerika yang tinggal di Seoul. Ia mulai bekerja untuk sutradara Bong Joon Ho sejak Mei tahun lalu ketika Parasite diundang ke festival film Cannes. Sejak saat itu lah, sosok Sharon juga jadi perbincangan di media sosial bahkan ikut diwawancarai di ajang penghargaan.


Sosok Sharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite yang Mencuri AtensiSharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite yang Mencuri Atensi. Foto: Getty Images
Sejak awal, kemunculan Sharon Choi telah diperbincangkan di media sosial. Ia dianggap bisa menerjemahkan ucapan sutradara dan para pemain Parasite dengan baik dan elegan. Seiring berakhirnya musim penghargaan film dan Parasite menang sebagai Film Terbaik Oscar, netizen pun memuji kontribusi dan kerja kerasnya setengah tahun belakangan.



Popularitas di media sosial membuatnya juga dibicarakan di acara penghargaan. Ketika tim Parasite sedang diwawancara Hollywood Reporter, seorang presenternya ikut menanyakan Sharon bagaimana rasanya ikut terkenal dan punya banyak fans. Sharon pun menjawabnya dengan malu-malu.

"Aku hanya menyukai film ini dan (bertemu) dengan semua pembuat film. Ini memalukan tapi ya (aku menikmatinya)," ungkap Sharon. "Aku selalu sangat cemas," lanjutnya.

Sosok Sharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite yang Mencuri AtensiSharon Choi, Penerjemah Tim Film Parasite yang Mencuri Atensi. Foto: Getty Images
Hal tersebut pun ikut dikomentari oleh sutradara Bong Joon Ho yang mengakui jika Sharon memang punya banyak fans. Selama musim penghargaan, Bong Joon Ho dan Sharon Choi jadi duo yang dinantikan pecinta film. "Dia sangat sempurna dan kita semua sangat mengandalkannya," kata Bong Joon Ho yang memenangkan sebagai Sutradara Terbaik di ajang Oscar 2020.


Bong Joon Ho kemudian mengungkap identitas Sharon yang ternyata juga pembuat film. "Dan dia juga seorang filmmaker yang hebat. Dia belajar film di universitas. Aku penasaran dengan skrip yang dibuatnya. Dia sedang membuat skrip feature-length," kata Bong.

Menjadi penerjemah memang bukan hal mudah dan butuh kemampuan lebih dari sekadar mengerti bahasa. Kemampuan tersebut memerlukan keahlian linguistik, ingatan yang bagus, hingga kemahiran menyusun kalimat secara spontan.
Translator tim film Parasite ini pun selalu sukses membuat kalimat yang dimengerti dalam bahasa Inggris tanpa mengurangi makna aslinya. Tidak diketahui apakah Sharon Choi memang interpreter bersertifikat namun banyak orang yang setuju jika ia melakukan tugasnya dengan pintar. Sekali lagi selamat untuk Parasite dan Sharon Choi!


Simak Video "Penampilan Rambut Baru Maia Estianty yang Terkesan Mewah "
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)