Pejuang Toleransi, Ini Sosok Inspiratif Stafsus Presiden Ayu Kartika Dewi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Nov 2019 16:34 WIB
Foto: Instagram @ayukartikadewi Foto: Instagram @ayukartikadewi
Jakarta - Presiden Joko Widodo telah menunjukkan tujuh millennial berprestasi untuk membantunya dalam pemerintahan. Kelompok anak muda tersebut tentu bukan orang sembarang. Kebanyakan dari mereka merupakan CEO atau pendiri dari perusahaan hingga gerakan yang menginspirasi, termasuk Ayu Kartika Dewi. Ayu merupakan pejuang toleransi yang mendirikan SabangMerauke.

Ayu dikatakan sebagai pegiat toleransi karena usahanya menguatkan rasa Bhinneka Tunggal Ika pada anak-anak muda. Ia pun mendirikan gerakan SabangMarauke yang bertujuan untuk menanamkan rasa keberagaman yang kadang tidak didapatkan di bangku sekolah dengan program pertukaran pelajar. Dengan tinggal di daerah lain dengan keluarga berlatar belakang berbeda, diharapkan anak Indonesia bisa merasakan dan memaknai perbedaan.

Pejuang Toleransi, Ini Sosok Inspiratif Stafsus Presiden Ayu Kartika Dewi Foto: Instagram @ayukartikadewi
Gerakan SabangMarauke (Program Seribu Anak Bangsa Merantau untuk Kembali) dicetusnya pada 2013. Program pertukaran pelajar tersebut terinspirasi dari penugasannya di salah satu SD di Desa Papaloang, Halmahera Selatan, Maluku Utara.



Ketika itu wanita 36 tahun ini tergabung dalam Gerakan Indonesia Mengajar. Di sana, ia pun menemukan anak yang masih trauma dengan kerusuhan di Ambon pada 1999 meski keadaan di sana sudah aman dan jaraknya jauh dari desa.
Selanjutnya
Halaman
1 2