8 dari 10 Orang Mengaku Pernah Nangis di Kantor, Ini Penyebab Utamanya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 18 Sep 2019 07:38 WIB
Ilustrasi menangis di kantor. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi menangis di kantor. (Foto: Thinkstock)

Jakarta -

Kantor adalah lingkungan profesional di mana para pekerja tidak diharapkan untuk terlihat menangis. Namun perasaan sedih atau frustasi bisa muncul kapan saja, termasuk saat sedang bekerja. Meski tidak selalu kelihatan, sebuah penelitian mengungkap bahwa banyak orang pernah menangis di kantor. Penyebab utamanya adalah bos.

Sebuah situs pencarian kerja Monster melakukan penelitian yang hasilnya cukup mengejutkan. Dikatakan bahwa delapan dari 10 pekerja pernah menangis di kantor. 14% partisipan mengaku pernah menangis paling tidak seminggu sekali bahkan beberapa orang mengatakan bisa menangis setiap hari.


8 dari 10 Orang Mengaku Pernah Nangis di Kantor, Ini Penyebab UtamanyaFoto: Thinkstock

Berdasarkan penelitian, hal yang jadi penyebab utamanya adalah konflik dengan bos atau kolega. Masalah lain yang sering membuat pekerja berair mata adalah beban pekerjaan yang dirasa terlalu berat juga permasalahan pribadi yang sedang membebani. Hasil studi ini dianggap menunjukkan betapa banyaknya pekerja yang 'tersiksa' dan perusahaan atau bos perlu melakukan usaha untuk mengatasinya.

45% partisipan mengaku bos dan rekan kerja sering menjadi alasan mereka menangis di kantor. Sedangkan 20% mengaku terganggu dengan masalah di rumah atau di luar pekerjaan.

16% lain merasa kewalahan dengan tugas kerja yang menjadi tanda bahwa para profesional tersebut terlalu kelelahan bekerja. Selain itu, ada pula sebagian kecil pekerja yang menangis karena di-bully, masalah dengan klien, atau menemukan error pada sistem kerja.

Tak hanya menangis, para pekerja bisa saja mengalami gangguan mental karena berbagai masalah yang dihadapi. Penelitian University of Southern California pernah menganalisa para banker selama sembilan tahun dan menemukan jika banyak dari mereka yang menderita. Hal itu menyebabkan mereka melakukan kebiasaan menggigit kuku dan insomnia.

Ketika merasa tertekan di kantor, pakar karier Vicki Salemi mengatakan jika lebih baik untuk membiarkan air mata berlinang dari pada menahannya.


8 dari 10 Orang Mengaku Pernah Nangis di Kantor, Ini Penyebab Utamanya(Foto: iStock)

"Jika kamu akhirnya menangis di tempat kerja kadang kamu perlu membiarkan air mata mengalir apakah itu di tempat privat di kamar mandi, di mobil, atau istirahat minum kopi untuk meninggalkan kantor dan menenangkan pikiran dan emosi setelah menangis keras,"

"Setelah itu kamu bisa mengevaluasi situasi. Apa yang memicunya? Gali untuk lebih spesifik dan obyektif dengan dirimu sendiri. Ketika kamu menangis di tempat kerja, itu tanda kantor adalah lingkungan yang buruk.

"Ada banyak pekerjaan di luar sana di mana kamu bisa merasakan yang sebaiknya, merasa bahagia dan berprestasi. Kamu berhak menerima lebih dari hanya menangis saat kerja," ungkap Vicki.





Simak Video "Unik! Pria Ini Doyan Pakai High Heels ke Kantor"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)