Bukan Sekadar Tontonan, Ini Pentingnya Film Superhero Wanita untuk Perempuan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 06 Nov 2018 18:01 WIB
Foto: ist Foto: ist

Jakarta - Belakangan bermunculan karakter superhero wanita dalam film. Mulai dari Wonder Woman hingga Super Woman, karakter superhero wanita mulai banyak menjadi peran utama. Tak hanya menarik sebagai tontonan, adanya peran pahlawan tersebut ternyata punya pengaruh positif bagi wanita dan anak-anak perempuan.

Hal tersebut itu dari sebuah penelitian terbaru. Dikatakan jika karakter superhero wanita dalam film dapat membantu anak-anak perempuan lebih percaya diri dan bisa melihat diri mereka sebagai pemimpin. Studi yang dilakukan Women's Media Center tersebut pun membuktikan jika menonton Wonderwoman atau Superwoman bisa menginspirasi dan membuat wanita percaya bahwa merek bisa meraih apapun.

Studi itu pun menunjukkan bahwa memang ada celah antara wanita dan pria dalam hal kepercayan diri. Dan film atau serial yang memperlihatkan wanita sebagai pemeran utama bisa sedikit membantu mereka untuk mendapat inspirasi untuk lebih berani menggapai mimpi.

Berdasarkan riset, hampir dua dari tiga perempuan berusia 10 hingga 19 yang jadi responden mengaku tidak banyak melihat tokoh wanita panutan dalam film dan televisi. Hal ini pun bisa jadi salah satu alasan mengepa wanita 15 hingga 19 tahun melihat diri mereka kurang percaya diri dan berani.

57% wanita dalam penelitin pun mengatakan mereka sering kurang didengar. Angka tersebut lebih tinggi dari anak lelaki yang merasakan demikian yakni hanya 39%.

Namun wanita yang melihat diri mereka sebagai karakter superhero dan peran pemimpin lain bisa membantu meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri untuk melakukan banyak hal. Kebanyakan wanita juga mengaku karakter-karakter tersebut membuat mereka mengindetifikasikan diri dengan kata sifat positif, seperti kuat, berani, percaya diri, dan termotivasi.

Selain bisa membuat wanita dan perempuan muda termotivasi, film dan serial televisi juga dapat mendorong mereka melirik bidang teknologi. Karenanya, peran wanita dalam film fiksi sains juga sangat penting. Untuk itu, jangan ragu untuk membawa anak-anak menonton film superhero wanita. (ami/ami)