Kenapa Orang Indonesia Susah Bisa Bahasa Inggris? Ini Jawabannya!

Golden English - wolipop Sabtu, 13 Feb 2021 11:51 WIB
adv golden english Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Di era modern saat ini, menguasai bahasa Inggris sudah menjadi suatu kebutuhan. Bagaimana tidak, hampir semua tulisan di berbagai produk, tempat, aplikasi, website dan lain-lain, selalu memakai bahasa Inggris. Tak cuma itu, hampir semua jenis pekerjaan juga mencantumkan keahlian berbahasa Inggris sebagai kriteria.

Bagi orang Indonesia yang sejak lahir memiliki bahasa ibu berbeda, mungkin ada beberapa kendala. Untungnya, sudah ada pelajaran bahasa Inggris sejak sekolah dasar, setidaknya sedikit kosakata sudah dikuasai. Meskipun pada kenyataannya, masih saja ada yang merasa sulit berbicara bahasa Inggris secara aktif.

Ketika diajak berbicara bahasa Inggris sehari-hari, jawabannya masih terbata-bata, grogi, parahnya lagi, tidak nyambung dengan yang ditanyakan. Kamu pernah mengalami hal yang sama? Tenang aja, kamu gak sendirian. Ternyata, sebagian besar orang Indonesia juga mengakui agak susah ngomong bahasa Inggris, meskipun sudah memahami maknanya. Lalu, apa sih yang jadi penyebab orang Indonesia susah untuk bisa bahasa Inggris? Simak ulasan berikut untuk mengungkap alasannya, ya!

6 Penyebab Orang Indonesia Kesulitan Untuk Bisa Bahasa inggris

1. Mindset Keliru dan Hanya Berpatokan Pada Buku

Bahasa Inggris sama seperti bahasa yang lainnya. Bisa dipelajari dari berbagai sumber dan memiliki metode untuk pengembangannya. Sayangnya, beberapa orang sudah terlanjur memiliki mindset yang bikin pesimis. Seperti: "Ah, lidahku orang Jawa nih, gak bisa ngomong Inggris!", atau "ah, udah terlambat, pas diajarin bahasa Inggris di sekolah dulu, aku gak merhatiin."

Hal ini makin diperparah dengan metode pembelajaran bahasa Inggris di sekolah yang pada umumnya hanya berupa hafalan di buku untuk menjawab soal ujian, bukan untuk melatih skill komunikasi. Padahal, semakin sering berlatih ngomong langsung, kita jadi bisa lebih pandai berbahasa Inggris.

Apabila materi bahasa Inggris yang diterapkan masih menggunakan metode tradisional yang berfokus pada grammar, sudah bisa ditebak, hasilnya kurang optimal. Karena memahami grammar, belum tentu dapat melakukan komunikasi dengan baik. Kunci mempelajari bahasa adalah dengan praktik. Ingat "practice makes perfect".

2. Kurang Motivasi dan Cuma Belajar Pas Disuruh

Ucapan seperti "Ngapain aku harus belajar Bahasa Inggris? Aku kan orang Indonesia" ini menjadi salah satu penyebab mengapa orang Indonesia masih sulit lancar berbahasa Inggris.

Kalaupun ada keinginan buat belajar, ia harus disuruh dulu atau diingatkan dulu oleh orang lain. Misalnya, disuruh atasan, disuruh orang tua, karena nilai, mau ulangan, dan seterusnya. Bahkan, tak sedikit yang baru belajar pada saat dihadapkan dengan situasi mendesak, contoh: akan menghadapi interview dengan bahasa Inggris, memiliki client dari luar, tugas presentasi dengan bahasa Inggris, menyambut tamu seorang expat dan berbagai situasi mendesak lainnya.

Padahal, belajar bahasa Inggris akan jadi lebih asyik jika berasal dari keinginan diri sendiri. Terutama jika punya komitmen sepenuh hati untuk fasih dan lancar bahasa Inggris, ini akan bikin belajar pun jadi lebih menyenangkan dan mudah "nyantol".

3. Malu karena Diolok Teman

Ini mungkin menjadi salah satu alasan sebagian besar orang Indonesia susah bisa bahasa Inggris. Ucapan seperti "Norak baru bisa Bahasa Inggris udah gaya banget" atau "Jangan sok bule deh" inilah yang membuat seseorang yang sudah berkeinginan untuk belajar bahasa Inggris menjadi down dan takut diejek dengan teman sebayanya.

Ejekan dan sindiran ini membuat rasa percaya diri semakin turun dan enggan untuk melanjutkan belajar Bahasa Inggris. Jika kita menemui orang yang sedang belajar bahasa Inggris atau sedang berlatih melakukan percakapan, maka berikanlah pujian atau masukan agar mereka yang sedang belajar menjadi lebih giat dan percaya diri. Jika kita tak dapat membantu, setidaknya jangan menjatuhkan.

Dan untuk yang sedang berlatih bahasa Inggris, jangan mudah terpengaruh dengan omongan negatif seperti itu, karena ejekan tersebut timbul dari rasa iri atau cemburu. Jadi, jangan dengarkan mereka dan teruslah berlatih.

4. Waktu Belajar yang Terbatas

Penyebab lainnya adalah kurangnya waktu untuk berlatih bahasa Inggris. Ini dirasakan oleh English learner dewasa, terutama yang sudah bekerja. Karena sejak pagi hingga sore hari, waktu dihabiskan untuk bekerja atau melakukan aktifitas bisnis.

Lebih sulit lagi, apabila lingkungan bekerja tidak mendukung Anda untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris. Dimana percakapan sehari-hari sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia.

5. Biaya untuk Kursus Bahasa Inggris Mahal

Alasan yang juga cukup popular adalah harga kursus bahasa Inggris yang dirasa mahal. Kursus memang dianggap sebagai salah 1 cara paling ampuh untuk menguasai sebuah skill. Tentu tidak salah, karena dengan mengikuti kursus, kita akan dilatih oleh seorang ahli, serta didukung dengan materi yang terstruktur. Tak hanya itu, kursus biasanya menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran, seperti konsultasi, final test, student report, hingga sertifikat. Sayangnya, tak sedikit lembaga kursus kursus di Indonesia menawarkan harga yang relatif mahal.

6. Tidak Tahu dan Bingung Cara Memulai Belajar Bahasa Inggris

Nah, yang terakhir ini juga banyak yang mengalami, lho. Banyak yang keinginannya untuk bisa bahasa Inggris besar, tapi bingung cara mulainya. Kamu termasuk? Pengen banget bisa bahasa Inggris, tapi gak tahu dan bingung gimana mulai belajarnya?

Tenang aja. Sekarang sudah hadir Golden English yang siap bantu kamu mengasah skill dan berbicara bahasa Inggris dengan cara yang fun, interaktif, dan mudah dilakukan kapan aja. 1 hal yang tidak kalah penting, biayanya sangat terjangkau!

adv golden english

Golden English, Kursus Bahasa Inggris Terjangkau

Golden English menghadirkan metode kursus bahasa Inggris yang inovatif dan beda dari yang tempat kursus konvensional. Di Golden English, kamu bisa belajar secara live dan interaktif langsung dengan tutor yang profesional dan berpengalaman. Gak cuma itu, di Golden English juga ada banyak program yang bisa diikuti. Seperti: program conversation, business English, TOEFL, TOEIC, IELTS dan masih banyak lagi.

Di Golden English, kalian bisa memilih untuk belajar secara online ataupun offline. Untuk info lengkap, kalian bisa hubungi admin Golden English melalui WA 081 8790 111 / 0816 262 792 atau kunjungi website di www.golden-course.com.

(ads/ads)