Buat Anak-anak, Ini Keuntungannya Punya Ibu Seorang Wanita Karier

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 15 Mei 2018 10:41 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Banyak wanita yang sudah berkeluarga memilih untuk tetap bekerja. Begitu juga dengan para ibu yang bahkan sudah memiliki beberapa anak. Selain untuk mengaktualisasikan diri, keputusan untuk menjadi wanita karier juga sering didorong oleh kebutuhan ekonomi. Namun tak hanya itu keuntungan dari ibu bekerja. Ibu bekerja juga punya dampak positif terhadap anak-anak.

Kebanyakan anak tentu ingin orangtua, terutama ibunya untuk tinggal di rumahnya. Namun ternyata punya ibu seorang wanita karier ada manfaatnya. Tak hanya dari sisi finansial keluarga, buah hati bisa tumbuh menjadi orang dewasa yang berpenghasilan lebih tinggi hingga pintar mengurus rumah. Manfaat punya ibu bekerja pun berbeda untuk anak perempuan dan laki-laki.

Hal tersebut terungkap dalam riset yang dipublikasi di Work, Employment and Society pada April lalu. Para peneliti mendapati temuan tersebut setelah menganalisa dua hasil survei internasional. Dari dua riset yang dilakukan pada lebih dari 100 ribu pria dan wanita ditemukan jika kehidupan anak-anak dari ibu bekerja berbeda dari mereka yang ibunya tidak berkarier. Dan pengaruhnya tidak selalu buruk.

Baca Juga: Cara Ibu Bekerja Maksimalkan Waktu dengan Anak Agar Tetap Dekat

"Ada banyak pembicaraan mengenai mengapa wanita bekerja. Kebanyakan pertanyaan menganggap bahwa entah bagaimana, (ibu bekerja) merugikan keluarga mereka. Ada banyak 'rasa bersalah ibu' yang hampir tidak berdasar," ungkap Kathleen McGinn, penulis riset yang merupakan profesor di Harvard Business School.

Ditemukan jika dampak dari ibu bekerja paling banyak mempengaruhi anak perempuan. Peneliti mengungkap jika wanita yang tumbuh dengan ibu bekerja juga akan memilih untuk berkarier dari pada jadi ibu rumah tangga. Tak hanya itu, mereka juga punya karier yang lebih baik dengan penghasilan lebih besar.

Menurut survei di 25 negara berkembang, 21% wanita dengan ibu bekerja berkarier di posisi supervisor. Sedangkan untuk wanita karier yang ibunya tidak bekerja, presentasinya lebih sedikit yakni 18%. Hal ini mungkin dikarenakan para wanita karier tersebut terinspirasi ibu mereka untuk mengejar karier.

"Ketika kamu melihat ibumu pergi bekerja setiap hari, terutama jika kamu adalah seorang perempuan, kamu akan belajar mengatur kehidupan yang kompleks," tambah Kathleen.

Manfaat punya ibu bekerja pun berbeda untuk anak laki-laki. Meski mereka tidak ditemukan punya penghasilan lebih besar, anak lelaki dari ibu bekerja dikatakan lebih pandai mengurus rumah. Artinya mereka lebih bisa diandalkan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga.

Baca Juga: Tak Perlu Merasa Bersalah, Ini Dampak Positif Ibu Bekerja

Mereka juga akan lebih baik dalam merawat anak ketika nanti berkeluarga. Ini mungkin disebabkan karena absennya ibu di waktu-waktu tertentu mendorong mereka mengerjakan tugas rumahan dan merawat saudara-saudara.

Secara keseluruhan, anak-anak dari ibu bekerja akan punya pandangan yang lebih egaliter mengenai peran gender. Mereka yang ibu dan ayahnya bekerja umumnya punya pembagian pekerjaan rumah yang lebih adil terhadap anak perempuan dan laki-laki.

Anak-anak itu pun akan menerapkan hal yang sama pada keturunan mereka nanti. Namun ini bukan berarti ibu rumah tangga yag tidak bekerja akan merusak pandangan buah hati mereka mengenai kesetaraan gender. Semuanya bergantung pada nilai-nilai positif yang ditananamkan orangtua dan contoh perilaku yang anak lihat di keseharian.
(ami/ami)