Kamis, 19/03/2015 17:13 WIB

Cara Ibu Bekerja Maksimalkan Waktu dengan Anak Agar Tetap Dekat

Rahmi Anjani - wolipop
Cara Ibu Bekerja Maksimalkan Waktu dengan Anak Agar Tetap Dekat Dok. Thinkstock
Jakarta - Rasa bersalah karena meninggalkan anak pasti pernah menghinggapi ibu be‎kerja. Demi 'menebus kesalahan', sebagian wanita karier jadi memanjakan buah hati dengan fasilitas mahal atau uang jajan yang banyak. Hal tersebut ternyata tidak disarankan karena bisa memicu sifat manja dan boros sejak kecil.

Selain merasa melepas tanggung jawab sebagai ibu, wanita karier juga sering takut kehilangan momen bersama anak. Para ibu bekerja pun khawatir jika buah hati nanti lebih dekat dengan pengasuhnya. Sebenarnya mereka tak perlu merasa demikian. Jika para mama dapat membuat waktu kebersamaan menjadi berkualitas, anak-anak pun tak akan melupakan ibunya.

Menurut psikolog ‎Elizabeth T Santosa, M.Psi., ibu yang juga berkarier tetap bisa menjalankan dua perannya dengan seimbang. Kuncinya adalah sebelum pergi bekerja pastikan tugas di rumah sudah dituntaskan. Misalnya menyiapkan makanan atau keperluan untuk anak serta suami tercinta. Untuk memantau dan menjaga hubungan dengan mereka, sempatkan waktu untuk mengobrol via telepon ketika jam istirahat. Anda pun bisa meninggalkan catatan kecil untuk anak yang sudah bisa membaca sebagai pengingat cinta.

Elizabeth ‎juga menjelaskan, ibu bekerja sebaiknya lebih tegas dalam pengaturan waktu. Hal tersebut dilakukan agar keluarga tetap memiliki waktu kebersamaan yang berkualitas meski sang mama tak setiap hari di rumah. Jika seorang ibu bisa melakukan hal tersebut, ia sudah termasuk bisa menyeimbangkan waktu antara karier dan keluarga.

"‎Ballance itu menurut saya jika tanggung jawab bisa dikerjakan dengan baik dan berkomitmen. Ajarkan juga management waktu yang baik. Waktu tidur, waktu main harus disiplin. Bukan ibu tidak boleh fun tapi itu dilakukan agar keseimbangan terjadi. Nanti kapan berkumpulnya?" jelas wanita yang akrab disapa Lizzy tersebut saat ditemui Wolipop di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Selain Lizzy, mantan Miss Indonesia Imelda Fransisca juga membagi tipsnya mengenai pengasuhan anak. Sebagai seorang 'modern mama, ibu dua anak tersebut memiliki cara tersendiri demi mendekatkan diri dengan buah hatinya. Ia mempunyai rutinitas kecil namun berkesan yang membuat hubungan mama dan anak bisa lebih akrab.

"Tips jadi modern mama adalah kita harus confident dan tentukan prioritas. Lalu saya biasanya punya rutinitas baca buku sebelum tidur, kita juga ada morning kiss, terus berdoa bersama sebelum sekolah, mengobrol dengan mereka setelah pulang. Mereka kan pertanyaan sudah aneh-aneh jadi kita juga suka googling bareng," cerita Imelda.

(ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com