Cerita Najwa Shihab Buka Perpustakaan Mini Demi Tambah Uang Jajan saat SD

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 04 Agu 2017 14:47 WIB
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra

Jakarta - Jurnalis dan presenter Najwa Shihab sudah belajar mencari uang sendiri sejak kecil. Demi menambah uang jajannya dulu, Najwa Shihab pernah membuka perpustakaan kecil di rumah keluarganya.

Masih teringat betul di benak Najwa Shihab bagaimana ayahnya, cendekiawan Quraish Shihab, menekankan pentingnya hidup menghemat dan membiasakan diri untuk menabung sedini mungkin.

Sedari kecil, Najwa Shihab juga dibiasakan belajar berusaha mandiri untuk mencukupi kebutuhan pribadi dari Abi, begitu sapaan sayangnya untuk sang ayah.

Wanita 39 tahun itu mengenang, pernah membuka perpustakaan mini bersama kakak-kakaknya di rumah saat masih duduk di bangku sekolah dasar demi menambah uang jajannya.

"Satu hal yang Abi perbolehkan kami untuk beli sesuka hati adalah buku. Jadi koleksi buku di rumah cukup banyak. Akhirnya kami buka perpustakaan mini di rumah untuk menambah uang jajan. Harga sewanya Rp 25 per buku," cerita Duta Baca Indonesia itu usai tampil di seminar Wealth Wisdom di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Prinsip-prinsip itu pula yang Najwa wariskan kepada putranya, Izzat Ibrahim. Bagi pemegang gelar sarjana hukum itu penting untuk mengenalkan literasi finansial kepada anak sedari kecil. "Aku buka tabungan untuk Izzat saat dia SMP. Dari situ, ia bisa belajar pentingnya dan manfaat menabung," kata Najwa.

Seperti sang Abi, ia sebisa mungkin membiasakan Izzat menabung terlebih dulu bila ingin membeli sesuatu yang disukainya, seperti game online atau sneakers.

"Tapi kadang, rencana menabung gagal karena kakeknya. Kalau nggak berhasil merayu mamahnya, Izzat lari ke kakek. Akhirnya Abi belikan untuk Izzat. Kadang-kadang kakek-nenek bisa lebih memanjakan daripada orangtua sendiri ya. Hehehe," canda Najwa. (dng/hst)