ADVERTISEMENT

Viral Acara Pernikahan Sekaligus Pemakaman, Kisah di Baliknya Bikin Sedih

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 07 Jan 2023 21:00 WIB
Viral Pernikahan Foto: eva.vn
Jakarta -

Pernikahan dan pemakaman merupakan acara yang sangat berbeda. Jika di acara pernikahan penuh dengan kebahagiaan, maka sebaliknya dengan acara pemakaman. Namun bagaimana jadinya jika acara tersebut dijadikan satu dan digelar secara bersamaan?

Melansir eva.vn dari Sohu News, sebuah acara pernikahan di China berhasil mencuri atensi karena diadakan bersamaan dengan pemakaman. Ternyata ada kisah menyedihkan di baliknya yang membuat kedua acara tersebut jadi diadakan secara bersamaan.

Pengantin pria asal Shaanxi, China, harus mengalami kejadian menyedihkan menjelang hari pernikahannya. Sang ibu yang seharusnya hadir di pernikahan justru mendadak meninggal sebelum putranya itu menikah.

Ibu mempelai pria itu kabarnya memang sengaja pulang kerja lebih awal untuk membersihkan rumah dan mempersiapkan hari besar sang putra. Namun tak disangka saat ibunya itu naik ke atap untuk menyapu dedaunan, ia tak sengaja terjatuh dan meninggal.

Mengetahui kabar tersebut calon pengantin pria pun sangat terkejut dan sedih, apalagi mengingat hari pernikahannya sudah dekat. Dan karena hari pernikahannya itu sudah dekat, maka ia tak mungkin lagi mengubahnya. Sementara pemakaman sang ibu juga tak bisa ditunda.

Menurut adat setempat sendiri, setelah mengadakan upacara pemakaman, pihak keluarga harus menunggu 3 tahun untuk menggelar acara pernikahan. Dan akhirnya setelah berpikir, mempelai pria dan keluarganya memutuskan untuk acara pernikahan dan pemakaman di hari yang sama.

Pengantin wanita dan keluarganya juga terkejut mendengar berita tersebut. Ia pun menyetujui apapun keputusan calon suaminya itu .

Pada hari pernikahan, kedua mempelai tidak mengenakan pakaian pengantin. Keduanya hanya mengenakan selendang berwarna merah. Dekorasi rumah juga dibuat sederhana dan keduanya memutuskan untuk tidak mengadakan resepsi pernikahan yang mewah,

Pasangan pengantin kemudian melakukan ritual pernikahan seperti biasa. Setelah selesai, keduanya menghampiri peti mati sang ibu dan membungkuk. Pemakaman pun dilakukan dengan bantuan kerabat dan tetangga.

Kisah pasangan pengantin itu pun viral di media sosial dan mengundang berbagai komentar. Beberapa ada yang menanyakan mengapa keluarga mempelai pria tetap memutuskan untuk mengadakan pernikahan dan pemakaman secara bersamaan. Apakah mereka tidak takut akan mendapat nasib buruk karena hal itu.

Namun belakangan orang yang tinggal di desa yang sama dengan pengantin pria mengungkapkan bahwa mengadakan acara pernikahan dan pemakaman secara bersamaan sebenarnya sudah menjadi hal biasa di sana. Itu merupakan salah satu cara untuk mengingat orang yang sudah meninggal dan sama sekali tidak tabu.



Simak Video "Hotman Paris Sebut Norma Risma Tak Lagi Cinta Rozy Zay"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)