Wanita Menikahi Diri Sendiri Dalam Upacara Resmi, Jadi yang Pertama di India

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 07 Jun 2022 21:00 WIB
Kshama Bindu Kshama Bindu. Foto: Instagram/@kshamachy
Jakarta -

Seorang wanita asal India berniat menikahi dirinya sendiri secara resmi. Pernikahan akan dilakukan dengan upacara adat Hindu pada 11 Juni 2022.

Kshama Bindu, merasa tidak ada yang bisa mencintai dan menyayanginya sebesar dia kepada dirinya sendiri. Untuk itulah wanita 24 tahun ini bertekad menikah tanpa pasangan di sebuah kuil di Vadodara, India.

Seperti pernikahan pada umumnya, mahasiswi jurusan sosiologi ini akan mengenakan busana pengantin berwarna merah, lengkap dengan hiasan henna di tangan dan bedak vermilion di belahan tengah rambutnya.

Kshama Bindu juga akan menjalani ritual berjalan mengelilingi api suci sebanyak tujuh kali dan mengenakan rangkaian bunga. Pernikahan ini digadang-gadang bakal menjadi kasus sologamy pertama di India.

Kshama BinduKshama Bindu, wanita India yang berniat menikahi diri sendiri. Foto: Instagram/@kshamachy

Sologamy merupakan istilah untuk mendeskripsikan orang-orang yang menikahi dirinya sendiri dalam upacara resmi. Mereka yang melakukan praktisk sologamy bukan sekadar bertujuan mencari sensasi tapi tujuan utamanya adalah mencintai dan menerima diri sendiri, baik dari kekurangan maupun kelebihannya.

"Ini adalah caraku untuk memperlihatkan bahwa aku menerima semua bagian berbeda dari diriku, terutama bagian di mana aku pernah mencoba menyangkal atau menghilangkan kelemahanku. Baik dalam bentuk fisik, mental maupun emosional. Bagiku, pernikahan ini merupakan langkah penerimaan diri. Apa yang aku coba sampaikan di sini adalah aku menerima diriku, apa adanya, bahkan bagian yang tidak terlalu cantik," jelas Kshama, seperti dikutip dari BBC.

Keputusan Kshama Bindu untuk menikahi dirinya sendiri didukung penuh kedua orangtuanya. Upacara pernikahannya pun akan dihadiri kerabat dan sejumlah teman dekat.

Kshama BinduKshama Bindu, wanita India yang berniat menikahi diri sendiri. Foto: Instagram/@kshamachy

"Ibuku sudah paham kalau aku memang selalu datang dengan sesuatu yang baru. Tapi orangtuaku, yang berpikiran sangat terbuka, menanggapinya dengan tenang. Mereka bilang, 'Selama bisa membuatmu bahagia, kami tidak masalah dengan itu,'" ucapnya.

Namun keputusan Kshama Bindu tersebut menimbulkan kontroversi di kalangan netizen. Tidak sedikit pengguna internet yang menyebut bahwa dirinya adalah seorang narsis.

Ia pun menjawab kritikan dengan tersebut dengan argumennya sendiri. Menurutnya seseorang terlahir ke dunia dan akan meninggalkan dunia sendirian.

"Jadi siapa yang bisa mencintaimu lebih baik dari dirimu sendiri? Kalau kamu jatuh, kamu sendirilah yang harus bangun sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Aktris 'Minari' Han Ye Ri Umumkan Sudah Menikah dengan Non-seleb"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)