ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin Berikan 5 Nasihat Pernikahan Ini untuk Putri Tanjung dan Andra

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 20 Mar 2022 19:32 WIB
Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Ma'ruf Amin memberikan nasihat pernikahan untuk Putri Tanjung dan Guinandra. Foto: Samuel Rustandi/Morden.co
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menjadi penasihat pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. Ma'ruf memberikan sederet pesan mendalam untuk kedua mempelai.

Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo berlangsung pada Minggu, 20 Maret 2022. Saat akad nikah, Guinandra memberikan mas kawin berupa emas 199 gram dan seperangkat alat salat.


Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono menjadi saksi pernikahan Guinandra Jatikusumo dan Putri Tanjung. Jokowi merupakan mentor Putri sebagai stafsus Presiden. Sedangkan Susilo Bambang Yudhoyono pernah menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Wirakarya di istana negara untuk Guinandra Jatikusumo atas prestasinya mengharumkan nama negara.


Selain SBY dan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menjadi undangan khusus di pernikahan Putri Tanjung. Mantan Ketua MUI itu bukan hanya sekadar menjadi tamu, melainkan juga sebagai penasihat pernikahan untuk putri Chairul Tanjung tersebut.

Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022).Ma'ruf Amin memberikan nasihat pernikahan untuk Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo. Akad nikah Putri dan Andra digelar di kediaman keluarga Chairul Tanjung, Minggu (20/3/2022). Foto: Samuel Rustandi/Morden.co

Dalam nasihatnya, Ma'ruf Amin memberikan sederet pesan. Pertama dia meminta Putri Tanjung dan Andra, demikian Guinandra biasa disapa, untuk ingat bahwa pernikahan termasuk perjanjian yang kuat.

"Ketika anda mengucapkan saya terima nikahnya, terjadi suatu perjanjian yang kuat. Sesungguhnya perjanjian itu adalah perjanjian Anda dengan Allah SWT. Karena itu Nabi Muhammad SAW menyatakan hati-hati terhadap perempuan itu. Kamu mengambilnya dengan amanat Allah dan menghalalkan untuk menggaulinya dengan kalimat Allah," demikian pesan Ma'ruf Amin.

Nasihat kedua dari Ma'ruf Amin adalah mengingatkan kedua mempelai bahwa sebuah pernikahan akan melahirkan keluarga. Keluarga ini merupakan miniatur dari masyarakat.

"Artinya cerminan dari bangsa. Kalau keluarga baik, masyarakat baik, bangsa baik. Kalau keluarga tidak baik, masyarakat tidak baik, bangsa tidak baik. Oleh karena itu penting sekali membangun keluarga yang baik," ucapnya.

Pesan ketiga dari Ma'ruf Amin untuk Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo adalah untuk melusurkan niat saat menikah. Niatkan menikah untuk mendapatkan pahala.

"Lluruskan niat kalian untuk menikah ini supaya menikahnya berpahal. Kelihatannya amalan duniawi, tapi bisa menjadi amalan akhirat, berpahala," ujarnya.

Nasihat keempat untuk Putri Tanjung dan Guinandra dari Ma'ruf Amin adalah agar keduanya selalu bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. "Pasti ada sesuatu yang kita sukai, pada ada sesuatu yang nyebelin. Tuntutan nabi begitu. Kalau melihat sesuatu yang tidak suka, pasti ada yang kamu sukai," jelasnya.

Dan nasihat terakhir Ma'ruf Amin untuk staf khusus Presiden itu adalah agar kedua mempelai menjalani pernikahan agar menjadi rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Ma'ruf berharap Putri Tanjung dan Andra bisa selalu saling pengertian.

"Kalau saling pengertian tidak ada konflik. Ini bukan hanya untuk berumahtangga, untuk bermasyarakat juga, ada saling menyanyangi, pengertian mencintai pasti tidak ada konflik. Jadi ini kunci dalam kita hidup berumahtangga, bermasyarakat dan bernegara," pungkas Ma'ruf.



Simak Video "Fakta-fakta Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)