ADVERTISEMENT

Viral Pernikahan dengan Mas Kawin Minyak Goreng, Ini Makna di Baliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 01 Mar 2022 12:45 WIB
Viral mahar pernikahan pakai minyak goreng. Pasangan viral mahar minyak goreng. Foto: Dok. Instagram @statusfakta.
Ponorogo -

Sebelum menikah, salah satu persiapan adalah memikirkan mas kawin atau mahar yang paling tepat untuk acara pernikahan kamu. Biasanya mahar pengantin ini berupa alat salat, emas, uang tunai atau bahkan berlian. Namun berbeda dengan pernikahan viral ini. Pengantinnya mendapatkan mahar minyak goreng.

Kelangkaan minyak goreng, membuat pasangan pengantin ini menjadikan minyak goreng 1 liter sebagai mahar. Selain minyak goreng, sang pengantin pria juga memberikan mas kawin uang sebesar Rp 1 juta.

Kisah tersebut diunggah oleh akun Instagram @statusfakta. Dalam unggahan tersebut terlihat pasangan pengantin dan penghulu yang memegang minyak goreng.

Acara pernikahan tersebut digelar pada tanggal cantik 22-2-2022. Pasangan pengantin viral tersebut bernama Supadi (60) dan Sumariati (54), yang berasal dari Kecamatan Sooko, Ponorogo.

Keduanya mengikat janji suci dengan mas kawin minyak goreng kemasan 1 liter merek Fortune. Ijab kabul dilakukan di rumah pengantin wanita di Desa Suru, Kecamatan Sooko.

[Gambas:Instagram]

Fakta Pengantin Menikah dengan Mahar Minyak Goreng

Meski sederhana namun mahar minyak goreng punya ini punya nilai filosofi yang dalam bagi pengantin. Hal itu disampaikan Kepala KUA Kecamatan Sooko, Meki Hasan Tachtarudin.

Meki mengungkapkan berdasarkan pengakuan dari pengantin, minyak goreng dijadikan mahar karena menjadi simbol barang yang bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya itu, bahan pokok ini juga dinilai dibutuhkan dalam rumah tangga.

"Filosofi dari pengantin katanya karena sekarang minyak goreng mahal dan langka, makanya jadi mahar biar sederhana tapi bermanfaat untuk keluarga," ujar Meki kepada DetikJatim.

Viral mahar pernikahan pakai minyak goreng.Viral mahar pernikahan pakai minyak goreng. Foto: Dok. Instagram @statusfakta.

"Minyak goreng saat ini sangat diburu walaupun sederhana. Langka dan sangat dibutuhkan orang. Mahar minyak goreng karena ini dibutuhkan dalam rumah tangga. Filosofinya walaupun sederhana tapi bermanfaat," tambahnya.

Menurut Meki selain menikah dengan mahar unik, pengantin viral ini juga memilih tanggal cantik yakni pada Selasa, 22-2-2022. Adapun alasannya cukup simpel, agar tanggal pernikahan mereka mudah diingat.

"Tanggal cantik ini supaya bisa membawa keberkahan dalam rumah tangga keduanya," tutur Meki.

(gaf/eny)