Punya Rencana Menikah di Tahun Depan? Ini 5 Hal yang Perlu Disiapkan

Atta Kharisma - wolipop Selasa, 28 Des 2021 07:45 WIB
bride and groom in a face protection mask Foto: Getty Images/iStockphoto/Phynart Studio
Jakarta -

Menyongsong tahun baru, tentunya banyak orang yang sudah mempersiapkan resolusi di tahun 2022 nanti. Jika salah satu resolusi tersebut adalah menikah, maka ada baiknya persiapan dimulai dari sekarang.

Agar hari bahagia dapat terlaksana dengan baik dan sesuai keinginan kedua mempelai, tentunya persiapan perlu dilakukan dari jauh-jauh hari. Tidak hanya kesiapan kedua mempelai, sarana dan prasarana juga harus dipersiapkan dengan baik agar prosesi pernikahan berjalan dengan lancar.

Lalu, apa saja sih kebutuhan pernikahan yang bisa kamu persiapkan dari sekarang? Simak di artikel berikut ini.

1. Mental dan Finansial

Persiapan mental merupakan fundamental yang harus dimantapkan sebelum menikah. Kedua calon pengantin harus mulai memahami esensi pernikahan serta peran dan tanggung jawab baru yang akan mereka miliki dalam berumah tangga.

Selain mental, persiapan finansial pun harus matang. Untuk itu, kamu bisa mulai dengan cara menyisihkan sebagian dari penghasilan dan menabung untuk biaya pernikahan.

2. Dokumen dan Berkas Pernikahan

Menikah tidak sekadar mengucapkan akad dan janji suci. Ada sejumlah proses administrasi yang harus dipenuhi sebelum kedua mempelai bisa melangsungkan pernikahan, mulai dari pencatatan di Kantor Urusan Agama hingga Kantor Catatan Sipil.

Semua dokumen yang diperlukan dapat kamu persiapkan dari sekarang. Sehingga, proses administrasi dapat dilakukan dengan cepat dan lancar.

3. Lokasi Acara Pernikahan

Lokasi atau tempat acara pernikahan merupakan salah satu hal yang perlu kamu persiapkan sejak jauh-jauh hari. Terutama, jika ingin mengadakan acara pernikahan di gedung atau venue tertentu. Kamu harus membooking tempat tersebut dari jauh hari bila ingin melangsungkan pernikahan di tanggal yang diinginkan.

Dalam memilih lokasi pernikahan, kamu juga harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti kenyamanan dan kapasitas lokasi, akses menuju lokasi, area parkir, dan lain sebagainya.

4. Dekorasi, Pakaian, Riasan, dan Makanan

Tentunya pernikahan tidak akan lengkap tanpa jamuan. Kamu bisa mempersiapkannya dengan mulai menghubungi vendor-vendor penyedia dekorasi, pakaian, makanan, dan riasan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kedua mempelai. Jangan lupa untuk melakukan booking agar semua hal tersebut siap tersedia di hari istimewa kamu.

5. Cincin dan Mas Kawin

Bagi banyak orang, cincin menjadi lambang ikatan pernikahan. Cincin bisa terbuat dari berbagai bahan, namun untuk pernikahan biasanya orang-orang memilih cincin yang terbuat dari bahan emas.

Tapi sebenarnya, mas kawin ini tidak harus selalu berupa cincin. Mas kawin bisa diberikan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah emas.

Nah, bagi kamu yang ingin mulai mempersiapkan mas kawin bisa dengan Cicil Emas di Pegadaian. Cicil Emas adalah kepemilikan emas batangan dengan sistem cicilan, dimana kamu bisa memilih sendiri berat, merek, dan jangka waktu cicilan. Emas batangan yang dicicil juga dijamin 24 karat dan akan diterima setelah cicilan lunas.

Transaksi Cicil Emas bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, dan hingga tanggal 31 Desember 2021 nanti kamu bisa mendapatkan promo spesial juga lho!

Dengan Cicil Emas menggunakan kode promo CICILEMAS, kamu akan mendapatkan potongan Rp 10.000 per gram emas yang dicicil. Diskon ini akan digunakan untuk memotong biaya uang muka Cicil Emas. Adapun promo Pegadaian lain dalam rangka Festival Diskon Nasional dapat kamu lihat disini.

Jangan lupa libatkan keluarga dalam persiapan menyambut hari istimewa kamu. Bagaimanapun, pernikahan bukan hanya penyatuan dua insan, tapi juga kedua keluarga. Karenanya, jadikan momen persiapan pernikahan ini sebagai kesempatan untuk saling mengenal pasangan sebelum menikah.

(akn/ega)