Liputan Khusus Akad Nikah Online

Kisah Pasangan Taaruf Gelar Akad Nikah Online karena Mempelai Pria di Jepang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 10 Okt 2021 11:00 WIB
Pasangan yang menikah secara virtual. Foto: Dok. pribadi Anya. Pasangan yang menikah secara virtual. Foto: Dok. pribadi Anya.
Bandung -

Akad nikah online kini mulai banyak jadi pilihan pasangan pengantin yang menggelar pernikahan di masa pandemi Corona. Seperti kisah pasangan ini, jarak dan situasi pandemi, membuat keduanya menggelar akad nikah online. Suasana akad nikah beda negara ini pun berjalan penuh haru dan khidmat. Bagaimana kisahnya?

Ialah Hafiyan Prafianto yang sedang berada di Jepang dan Anya Aghnia di Bandung, Jawa Barat yang baru saja menggelar acara pernikahan virtual. Mempelai wanita, Anya berbagi cerita soal perjalanan cintanya dengan sang suami yang dikenalnya melalui proses taaruf hingga akhirnya berlabuh di pelaminan dan pernikahannya digelar secara online.

Anya menuturkan pada 1 Maret 2019, ayah tercintanya meninggal dunia. Selang dua minggu kemudian ada salah satu saudaranya datang ke rumah untuk bertakziah atau melayat. Saudaranya tersebut kemudian bertanya kepada Anya apakah ia sudah mempunyai pasangan.

"Aku jawab belum ada pasangan. Dan ada saudara aku ingin memperkenalkan seorang pria. Tapi dia lagi S-3 di Jepang," kenang Anya kepada Wolipop melalui telepon (6/10/2021).

Pasangan Anya dan Anto yang menikah secara virtual.Pasangan Anya dan Anto yang menikah secara virtual. Foto: Dok. pribadi Anya.

Anya tidak menduga jika saudaranya tersebut malah mengirimkan CV Anto yang ingin taaruf dengannya. Pada saat itu, dia pun merasa kaget dan bingung.

"Aku kira tidak sampai kayak gini. Pada saat itu wajar dong aku belum tertarik. Lalu ada yang kirim message ke Facebook mengajak kenalan. Dia mendapatkan informasi tentang aku dari mamanya," ucapnya.

Pria yang mengirimkan CV dan mengajaknya berkenalan di Facebook itu adalah Hafiyan Prafianto atau akrab disapa Anto. Pria yang kini sudah menjadi suaminya itu langsung meminta kontak Anya. Mereka pun berkomunikasi melalui Whatsapp. Menurutnya saat itu komunikasi mereka belum intens. Dan tutur kata Anto pun halus dan sopan.

Anya dan Anto kemudian bertemu pertamakali pada Juni 2019. Anto saat itu mengatakan jika adiknya akan menikah dan dia berencana pulang ke Indonesia. Jika memungkinkan, saat pulang ke Tanah Air, dia ingin bertemu dengan Anya.

"Terus aku jawabnya masih kayak mau-mau nggak-nggak, masih ragu. Udah gitu aku harus effort gitu ke Jakarta. Terus waktu itu aku masih ada pekerjaan. Eh alhamdulillah aku bisa datang ke nikahan adiknya. Dia juga datangnya sehari langsung pulang ke Jepang," tutur Anya yang tinggal di Bandung itu.

Semenjak itu Anya berkomunikasi secara langsung dengan Anto. Sebelum Anto berangkat lagi ke Jepang, keduanya pun bertemu di Jakarta.

Bertemu secara langsung baru dua kali, Anya dan Anto memutuskan menikah. Seperti apa pernikahan virtual Anto dan Anya? Klik halaman selanjutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2