Dokter Ungkap Makeup Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 06 Okt 2021 05:30 WIB
Attractive beautiful charming joyful glad woman wearing white t-shirt is applying blusher on her cheekbones in front of mirror at home Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Pandemi Corona telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan setiap orang. Jika biasanya kita bisa bebas bepergian ke luar rumah tanpa rasa takut dan khawatir, maka saat ini hal itu sudah tak lagi dirasakan. Tak sedikit orang yang kini jadi lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Tentunya hal itu bisa berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Melalui acara virtual press conference Wardah Colorfit Fresh Matte Lip Ink and Cream Blush pada 4 Oktober 2021, Dr. Shafira Ninditya Aulia menjelaskan seberapa besar efek pandemi terhadap kesehatan mental seseorang. Dalam penjelasannya, dokter Shafira sendiri menjelaskan jika kesehatan sendiri harus dilihat secara keseluruhan, baik secara fisik dan juga mental.

"Sebenarnya kalau seberapa rentan kita terkena kesehatan mental, kita harus omongin dulu nih soal sehat. Jadi kalo kita ngomong aku dalam kondisi sehat, itu kita ngomongin kesehatan secara fisik, psikis atau mental, sama social well being atau fungsi aktivitas kehidupan kita sehari-hari," terang Shafira selaku medical doctor dan health educator.

"Ternyata sudah banyak data-data studi, penelitian, bahwa memang dari generasi milennial maupun generasi selanjutnya, generasi orangtua kita, itu memang ternyata rentan dari hasil data. Dan rentannya itu sebagaimana karena kita tahu ya semua orang berdampak ya, nggak hanya para konten creator aja, tapi semua orang kan juga berdampak dari kondisi ekonomi, sosial, dan cara beraktivitas kita sehari-hari," tambahnya.

Dokter Shafira menjelaskan bahwa perubahan aktivitas selama pandemi ini bisa mempengeruhi kesehatan mental seseorang. Seperti, saat ini kebanyakan kegiatan dilakukan serba di rumah. Selain itu, kekhawatiran untuk menularkan virus kepada orang-orang tersayang pun semakin tinggi.

Oleh karena itu, dokter Shavira menyarankan untuk tetap menjaga kesehatan mental dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan diri, seperti bermakeup.

"Kalau kita ngomongin soal kesehatan mental tentunya kita perlu melakukan self care, jadi perawatan diri ya. Dan makeup itu bisa menjadi salah satunya. Nah perawatan diri itu apa aja sih, misalnya kita me time ya, mulai dari sekedar take a rest atau istirahat, melakukan hobby, dan juga berpenampilan baik. Jadi ada suatu studi di luar bahwa dengan kita bermakeup atau berpenampilan baik, nah itu berpengaruh terhadap kepercayaan diri, yang dimana kepercayaan diri ini membuat mood kita meningkat dan meningkatkan produktivitas sehari-hari di masa pandemi," terang sang dokter.

Berpenampilan baik sendiri memang tidak selalu harus dengan bermakeup. Dokter Shafira mengatakan bahwa cara lain untuk berpenampilan baik bisa dengan mandi di pagi hari dan memakai pakaian yang rapih. Hal-hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan mood dan juga kepercayaan diri.



Simak Video "Bisnis Foto Prewed Tiarap saat Pandemi, Fotografer Putar Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)