Kisah Lengkap Wanita Bekasi Viral Ketemu Jodoh Pria Yaman di Minimarket

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 10 Jun 2021 11:00 WIB
Foto Raffa dan Sultan. Foto: Dok. pribadi Raffa.
Jakarta -

Perbedaan usia, budaya, bahkan ras memang bukan menjadi penghalang dua orang untuk saling mencintai. Seperti kisah wanita asal Bekasi ini yang menikah dengan bule Yaman.

Pasangan tersebut bertemu jodoh saat berada di minimarket, Malaysia. Ialah Raffa si wanita Bekasi dan Sultan Rowaid yang berasal dari Yaman.

Kisah mereka bermula beberapa tahun lalu. Sultan mempunyai sebuah minimarket dan sempat menggantikan tugas pegawainya sebagai kasir. Saat itu Raffa sedang liburan dan menginap di hotel depan minimarket Sultan.

Raffa pertama kali bertemu dengan Sultan pada hari kedua dia berada di Malaysia. Raffa datang sendirian untuk membeli cokelat dan makanan ringan.

"Saya masuk ke dalam dan bertanya kepada dia. Karena posisinya Sultan berada di kasir. Saya bertanya cokelat di mana? Dia malah menyuruh stafnya. Dia kayaknya nggak niat jualan dan jutek banget," kenangnya seraya tertawa.

Foto Raffa dan Sultan.Foto Raffa dan Sultan. Foto: Dok. pribadi Raffa.

Pada saat hari terakhir liburan di Malaysia, Raffa mendadak haid pada pukul 15.00. Dia pun buru-buru mencari pembalut karena penerbangannya ke Indonesia pada pukul 17.00.

"Saya ke tokonya dia, saya bertanya di mana pembalut? Dia melemparkan ke stafnya lagi. Karena dia tidak bisa bahasa Melayu dan Indonesia. Setelah itu saya membeli dan membayar di kasir. Nah, itulah awal mula saya berbicara dengan suami," lanjut Raffa.

Pada saat itu Sultan bertanya Raffa berasal dari mana, sedang ada kegiatan apa dan sudah berapa lama di Malaysia. Setelah berbincang singkat, Sultan langsung meminta kontak Raffa.

"Sultan meminta kontak saya karena dia bilang mau ke Indonesia. Saya saat itu masih kuliah di ITB, Bandung. Dia tertarik mau ke Bandung, saya bisa kalau mau tour guide. Ketika sudah dikasih pikiran saya adalah ini bisnis saja," tambah Raffa yang pernah menjadi mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB itu.

Raffa mengatakan jika Sultan sesungguhnya tak ada niat untuk ke Indonesia. Ia hanya ingin berkenalan dengan Raffa.

Kemudian Sultan intens menghubungi Raffa. Namun tak digubris oleh Raffa. Hingga suatu hari, Sultan mengirim pesan mengajak Raffa untuk menikah.

Raffa yang terkejut ingin melihat keseriusan Sultan untuk melamarnya. Dan dia tidak mau langsung menikah karena ingin lebih dulu mengenal satu sama lain.

Setelah satu bulan berkomunikasi, Raffa memutuskan untuk menemui Sultan di Malaysia. Raffa pun mulai mengenal sosok Sultan lebih dalam.

Foto Raffa dan Sultan.Foto Raffa dan Sultan. Foto: Dok. pribadi Raffa.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Raffa mengenai kisahnya bertemu jodoh pria Yaman yang viral ini. Dalam konfirmasinya, dia mengungkapkan awal bertemu Sultan pada 24 Januari 2014.

"Kita travel dari tanggal 22-24 Januari, jadi tanggal 23 Januari 2014 itu pertama kali ketemu suami, cuma belum saling sapa, hanya sebatas pembeli dan kasir aja," kata Raffa, Selasa (8/6/2021).

Ketika kisah cintanya menjadi perbincangan warganet di media sosial, Raffa mengaku tak menyangka jika viral. Ia sengaja mengunggah aktivitasnya di Youtube selama di Arab Saudi, agar bisa memberikan kabar ke keluarganya yang berada di Indonesia.

"Lalu ternyata di share-share banyak orang dan sampai sekarang Alhamdulillah. Jadi memang awalnya nggak menyangka aja akan banyak yang suka sama keseharian keluarga kita yang gitu-gitu aja," tuturnya.

Wanita 26 tahun itu mengucapkan jika ia dan Sultan tidak pernah benar-benar resmi berpacaran. Hanya menjalani saja hubungannya untuk saling mengenal satu sama lain.

"Jadi waktu itu ya jalanin komunikasi biasa, karena nggak aku ladenin setelah dari Kuala Lumpur itu selama sebulan. Dia mulai jengkel dan telepon-in aku terus, akhirnya udah benar-benar nggak aku ladenin, dia lamar aku lewat chat. Tapi akunya nggak respon juga, sampe akhirnya dia mutusin untuk ke Bandung," ucap Raffa panjang lebar.

Sultan pun langsung menunjukkan keseriusannya untuk meminang Raffa. Sultan menemui kedua orangtua Raffa yang tinggal di Bekasi.

"Seminggu bareng di Bandung akhirnya aku kenalin ke orangtua. Aku bawa ke Bekasi, tapi niatan waktu itu ngenalin sebagai temen deketku aja. Eh tapi dia spontan malah lamar aku ke papa aku tanpa ngomong atau konfirmasi apa-apa ke aku," kenangnya sembari tertawa.

Foto Raffa dan Sultan.Foto Raffa dan Sultan. Foto: Dok. pribadi Raffa.

Pada 25 Mei 2014, keduanya pun mengadakan lamaran serba mendadak dan sederhana. Setelahnya mereka langsung mengurus dokumen dan mempersiapkan pernikahan.

"Sampai tanggal 24 Agustus 2014. Alhamdulillah resmi menikah, unik sih kaya kilat banget kenal langsung menikah.

Saat itu aku kuliah dan masih 19 tahun juga hahaa," tutupnya dengan ramah.

Raffa menambahkan jika ia tak menyelesaikan studinya di ITB, usai resmi menikah dengan Sultan.

(gaf/eny)