Liputan Khusus Pejuang Bayi Tabung

Viral Bikin Takjub, Pasutri 3 Kali Gagal Bayi Tabung Kini Punya Bayi Kembar 4

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 18 Apr 2021 13:02 WIB
Kisah viral pasangan suami istri jalani bayi tabung berhasil mempunyai empat anak kembar. Kisah pasangan suami yang memiliki anak kembar 4. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @kembar4guci.
Jakarta -

Bagi pasangan yang sudah menikah tentu saja mendambakan kehadiran sang buah hati di tengah keluarga. Berbagai cara pun dilakukan untuk mempunyai anak, seperti menjalani program hamil dan bayi tabung.

Seperti kisah pasangan yang berhasil menjalani program bayi tabung di salah satu rumah sakit ini. Pasangan itu merasa senang bukan main, pasalnya mereka dianugerahi anak kembar 4 sekaligus. Kisah itu dibagikan oleh Riani Ayuningtyas, lewat akun TikToknya @kembar4guci.

"Amih sama abi program bayi tabung lalu ternyata positif!! Yaudah kita USG mau lihat bayinya. Laah kembar 4!! Alhamdulillah pas lahir semuanya sehat lucu-lucu dan gemesin!" tulis akun @kembar4guci (9/4/2021).

@kembar4guci

Karena resikonya bukan main jadi panik bun 😩🥺 ##fyp ##panikgakpaniklahmasakenggak ##ivf

♬ Panik ngga - Ragil

Dalam video tersebut, Riani Ayuningtyas membagikan foto USG dan juga video keempat anak kembarnya yang menggemaskan. Sontak video tersebut langsung viral di TikTok. Hingga Senin (12/4/2021) video tersebut sudah ditonton lebih dari 2,9 juta Views, mendapat 296 ribu Likes dan 4.594 komentar. Warganet memberikan beragam komentar mulai dari takjub hingga penasaran sebesar apa perut Riani saat hamil.

"Masyaallah semoga nular ke aku biar cepet hamil,aamiin🥰," ujar akun @syellmo.

"Manteep sekali lahiran langsung 4, cewek cowok lagiii bunn 🥰," ucap akun @Renanta.

"Gw melihat 4x lipat biaya kuliah disini. Selamat berjuang pak suami," saut akun @L E O.

"Eh serius? Bayi tabung beneran bund? Masih blm percaya bisa nembus 4, berarti kuat kuat bgt dedek puti putinya," takjub akun @Ani Bee.

"Segede apa perutnya buuun waktu hamil?" tanya akun @Laili khoirurosida.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Riani Ayuningtyas atau yang akrab disapa mami Tyas. Ia tidak menyangka jika videonya viral di TikTok.

"Surprise banget! Tidak menyangka sama sekali, apalagi banyak dari yang kasih komentar nge-tag orang-orang terkenal seperti Atta Halilintar dan Aurelle Hermansyah. Semoga video TikTok guci viral terus dan orang-orang jadi penasaran pengin lihat Youtubenya Guci Family Happy," kata Tyas, Senin (12/4/2021).

Tyas (34 tahun) dan suaminya Rianto (50 tahun) mengungkapkan mereka mulai program bayi tabung pada Maret 2018 di RS Family Pluit, Jakarta Utara. Proses bayi tabung awalnya belum membuahkan hasil.

"Waktu itu ditanam dua embrio dan berhasil hamil sampai minggu kelima. Namun akhirnya embrio tersebut tidak berkembang dan dokter menyatakan belum berhasil. Kemudian bulan Juli 2018 mulai lagi proses bayi tabung yang kedua," ujar Rianto.

Kisah viral pasangan suami istri jalani bayi tabung berhasil mempunyai empat anak kembar.Kisah viral pasangan suami istri jalani bayi tabung berhasil mempunyai empat anak kembar. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @kembar4guci.

Saat baru memulai program bayi tabung kedua, yaitu tahapan suntik pertumbuhan sel telur, Tyas terkena penyakit cacar. Program bayi tabung pun harus dihentikan. Kemudian pada Maret 2019, Tyas memulai lagi proses bayi tabung yang ketiga. Kembali Allah SWT belum berkenan untuk memberikan hasil dua garis biru pada Tyas dan Rianto.

"Sedih banget waktu itu. Namun kami pantang menyerah. Segala persiapan kami lakukan untuk proses bayi tabung yang keempat. Banyak berdoa, ibadah, sedekah, ikhlas, berusaha menghibur diri dengan suasana yang tenang, rileks, sekali-kali berlibur dan mengikuti saran-saran dokter antara lain amih Tyas melakukan akupuntur di salah satu rumah sakit jakarta, untuk menjaga kondisi kesuburan rahim," kenang Rianto.

Akhirnya pada September 2019, keduanya mulai program bayi tabung yang keempat. Prosesnya sama dengan sebelumnya, ada suntik sel telur, kemudian pengambilan sel telur, embrio transfer dan akhirnya menunggu hasil garis dua.

"Saat yang ditunggu-tunggu tiba, betapa bahagianya kami setelah tahu hasilnya positif hamil. Suka cita kami rasakan saat itu, betapa Allah telah kabulkan doa-doa kami yang tiada putus. Minggu kelima dari masa kehamilan, amih Tyas cek USG untuk melihat detak jantung baby yang ada di kandungan," ujarnya.

Perjuangan pun berbuah manis, dokter Malvin Emeraldi yang menangani program bayi tabung Tyas dan Rianto memberikan kabar bahagia. Saat rahim Tyas diperiksa, layar monitor menunjukkan ada empat detak jantung buah hati yang berbunyi.

"Subhanallah Alhamdulillah Allahu Akbar. Mujizat Allah benar-benar kami rasakan saat itu. Harapan untuk mendapatkan keturunan satu anak, ditambah Allah bonus menjadi empat bayi kembar. Kami terus berdoa, supaya kehamilan ini berjalan lancar dan semua sehat sehat, baik amih Tyas maupun bayi yang ada di kandungan," tutur Rianto.

Mujizat Allah terjadi lagi, ketika Tyas USG untuk melihat jenis kelamin dari empat bayi kembar. Ternyata ada dua bayi laki-laki dan dua bayi perempuan. "Subhanallah Walhamdulillah Allahu Akbar. Anak kami beri nama Gavin malvin putra rianto, Urfan haikal putra rianto, Carissa sabrina putri rianto, dan Isaura sabhira putri rianto. Usianya kini 11 jalan 12 bulan," pungkasnya.

(gaf/gaf)