Viral Video Pengantin Wudu Pakai Makeup Jadi Perdebatan, Ini Kata Periasnya

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 10 Jan 2021 07:00 WIB
Pengantin Wudu dengan Makeup Foto: TikTok
Jakarta -

Sebuah video TikTok yang diunggah makeup artist asal Mojokerto jadi viral. Video itu menunjukkan bagaimana seorang wanita sedang mengambil wudu sebelum melaksanakan salat. Wanita itu pun adalah pengantin yang mengenakan full makeup di hari bahagianya. Pengunggah sendiri memuji bagaimana dia tetap menjalankan ibadah meski sudah dirias dan sedang menggelar pesta. Sayangnya video tersebut jadi perdebatan.

"Subhanallah, mbak pengantin salat lima waktu. Kami tidak pernah melarang untuk wudu ya. Dan alhamdulillah meski wudu tiga kali makeup stay," begitu tulis pemilik video @viendra41 dalam videonya yang sudah dilihat 3,7 juta kali.

Setiap wanita tentu ingin terlihat cantik di hari pernikahannya. Tapi kewajiban untuk menunaikan ibadah juga tidak bisa dilewatkan. Hal tersebut yang membuat sejumlah pengantin terutama mempelai wanita menjalankan salat dengan full makeup seperti dalam postingan video. Namun video itu malah menuai protes karena wudunya dianggap tidak sah.

@viendra41

#muamojokerto #mojokertomakeup #muamojokertorekomended

♬ original sound - A.M.K.E.Y - ✝️AMKEI-27✝️

Di kolom komentar, banyak orang mengatakan bahwa salah satu syarat untuk menunaikan salat itu jadi kurang sah. Alasannya karena wudu seharusnya dilakukan dengan air menyentuh kulit tanpa perantara. Karena itu, beberapa netizen menyarankan agar makeup dihapus dulu. Meski begitu, ada juga yang membela jika diterima atau tidaknya sebuah ibadah diserahkan kepada Tuhan.

"Maaf kakak, wudunya nggak sah kalau masih ada makeup. Makanya kalau mau nikah, ambil wudhu sebelum makeup dan jaga wudunya kalau acaranya dekat waktu salat,"

"Maaf kak, cuma ingin meluruskan berwudu itu makeupnya dihapus dulu. Soalnya air wudunya tidak meresap dan nggak sah,"

"Yang bilang sah atau nggak sah, emang kalian Tuhan? Sah atau nggak sahnya dan diterima atau nggaknya salat itu oleh Allah. Kalian yang bilang gitu belum tentu lima waktunya lancar," tulis para netizen.

Wolipop telah menghubungi sang makeup artist untuk memberikan tanggapan. MUA bernama Evie asal Mojosari tersebut pun mengatakan jika awalnya ia hanya mengunggah video untuk menunjukkan kekaguman bahwa pengantin menjaga salatnya. Evie menjelaskan jika para pengantin kadang ragu apakah wudunya masih sah selama berjalannya acara pernikahan sehingga memutuskan untuk wudu ulang.

"Untuk masalah video itu kan sebenarnya saya hanya kagum karena si mbak pengantin ini salatnya rajin. Dan memang sebelum makeup saya pastikan si pengantin wudu. Masalah wudu ini kan pro kontra antara sah atau tidaknya karena bermakeup. Mungkin memang sudah wudu sebelum makeup tapi pengantin kadang ragu jadi wudu ulang meskipun sudah bermakeup," ujarnya.

(ami/ami)