Cinta Bule Cantik dan Pria Indonesia

Ini Kata Nelayan Minang yang Bikin Bule Prancis Jatuh Cinta hingga Menikahinya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 09 Agu 2020 17:00 WIB
clem bule minang Clem dan Danil. Foto: Dok. pribadi Clementin Vincent
Jakarta -

Pria asal Sumatera Barat ini sukses memikat seorang bule Prancis yang populer di YouTube dengan nama channel Clem Bule Minang. Danil--begitu namanya--dulu adalah nelayan yang membuat sang bule jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihatnya. Bagaimana kisahnya?

Nelayan bernama lengkap Danil Gustian (25 tahun) itu menikahi wanita asal Prancis, Clementin Vincent, yang dikenal sebagai YouTuber Clem Bule Minang. Keduanya sempat menggalang dana untuk biaya pernikahan.

Danil mengungkapkan kisah cintanya bermula saat melihat Clem tengah berkunjung ke kampung halamannya, Pulau Bungus, Teluk Kabung, Sumatera Barat, pada 2015. Di pulau itulah Danil tinggal dan mencari nafkah sebagai nelayan serta pemandu wisata.

"Dia mau berangkat, tapi saya melihat dari jauh dia sangat cantik. Berbedalah dari yang lain. Dan saya tanya kepada temannya akun Instagramnya, saya ikuti dan kirim pesan. Selama satu tahun kirim pesan tapi dia jarang balas, dia sangat cuek," kata Danil saat dihubungi Wolipop lewat telepon, Rabu (5/8/2020).

Pada 2017, barulah perasaan cinta Danil dibalas Clem. "Pada 2017, saya ketemu Danil di sebuah toko sayur di tepi Pantai Bungus, Teluk Kabung. Saya melihat dia dan saya langsung jatuh cinta, Danil pun begitu. Sejak hari itu, kita selalu bersama dan tidak pernah berpisah," jelas Clem tersipu malu.

Selain cantik, Danil mengungkapkan alasannya jatuh cinta pada Clem. Katanya Clem bisa memahami adat Sumatera Barat karena sejak berusia 6 tahun tinggal di daerah tersebut dan bisa berbahasa Minang.

clem bule minangClem dan Danil. Foto: Dok. pribadi Clementin Vincent

"Dia mengerti tentang kehidupan saya. Menerima dan hatinya baik. Dia tulus, tidak memandang saya sebagai nelayan dan tour guide. Dia tetap menerima saya apa adanya. Dia tidak menuntut laki-laki yang sempurna," ucap Danil dengan logat khas Minang.

Danil juga mengungkapkan, sebelum cintanya dibalas Clem, ibunda istrinya itu juga sudah ingin menjodohkannya dengan sang anak. Saat itu memang ibunda Clem terlebih dahulu yang liburan ke Indonesia, sedangkan Clem sedang berada di Malaysia.

"Ibunya saya yang bawa selama satu minggu liburan. Akhirnya ibunya senang suka sama saya. Dia bilangnya anaknya akan datang dan nanti akan dikenalin anaknya dengan saya. Saya tidak menyangka bahwa itu adalah ibu Clem," ujarnya.

Saat awal dekat dengan Clem, Danil pun menceritakan kepada keluarga dan temannya. Dan reaksi mereka pada tak percaya Danil dekat dengan bule. Ia pun membuktikan dengan membawa Clem ke rumahnya.

[Gambas:Youtube]

"Teman saya juga nggak percaya, katanya saya dibilang bohong. Selama satu tahun saya diam saja karena banyak yang tidak percaya. Dan saya bawa Clem ke rumah, baru pada percaya. Akhirnya keluarganya Clem juga datang, hendak mengajak nikah. Baru kaget dan percaya. Itulah namanya jodoh ya. Ketika saya kirim undangan, sangat hebohlah waktu itu. Sampai dipanggil ke acara televisi," sambungnya.

Pria asal Sumatera Barat ini menikahi Clem pada 6 Februari 2019 di Padang. Pada saat itu, Danil mengaku tak mempunyai cukup biaya untuk mengadakan pesta pernikahan. Dia pun berinisiatif membuka penggalangan dana secara online (open donation).

"Karena keluarga saya kan nggak punya uang, namanya juga seorang nelayan. Kalau Clem kan masih ada uangnya. Setelah open donation itu, ternyata tidak ada orang yang nyumbang. Akan tetapi pernikahan yang sederhana pun bisa terlaksana. Nikahnya ada di dua kali, di Padang dan Prancis," kenangnya seraya tertawa.

Setelah menikah, Danil kemudian diajak ke Prancis oleh Clem. "Dibelikannya tiket, diurus semua sama mereka. Dibawa ketemu keluarganya, paman, tante, dan alhamdulillah semuanya suka," lega Danil.

Ketika akhirnya berada di Prancis, Danil mengaku merasa terharu. "Saya menangis saat pertama kali melihat Menara Eiffel. Saya kan sampai jam 18.00 waktu Prancis. Saya tanya sama Clem, mengapa matahari masih tinggi di sini, padahal sudah jam Magrib. Ternyata kalau di sana matahari terbenam jam 23.00 malam. Lalu saya melihat dari atas hotel Menara Eiffel lampu-lampunya kota romantis," kenangnya.

clem bule minangDanil, nelayan Minang yang menikahi bule Prancis. Foto: Dok. pribadi Clementin Vincent

Soal akun Youtube, Danil menyebutkan Clem sudah terlebih dahulu membuat YouTube sejak 2016. Tapi saat itu channel YouTube Clem hanya mempunyai 100 subscribers. Setelah mulai konsisten menampilkan kebersamaannya dengan Danil, perlahan subscriber channel YouTube Clem bertambah.

"Semenjak pacaran dengan saya, saya ajakin nyanyi, terus akhirnya dalam satu tahun langsung banyak. Mulai 2017, dan puncaknya pada 2018. Kontennya kehidupan di sini, semuanya editan sendiri, nggak pakai karyawan. Kita ambil gambarnya pun pakai handphone Android saja," kata Danil seraya tertawa.

Danil, yang kerap tampil dalam channel YouTube istrinya, mengungkapkan kerap mendapat komentar nyinyir dari netizen. Ada yang bertanya kepada Clem apa tidak menyesal menikah dengan Danil yang saat itu hanya seorang nelayan. Namun semua nyinyiran itu tak ditanggapi. Clem pun menegaskan dia cinta dan percaya pada Danil.

Saat ini Danil dan Clem sudah tinggal di Prancis. Di negara beribu kota Paris itu, Danil bekerja menjadi chef tetap di sebuah restoran besar.

"Saya belum pernah menjadi chef sebelumnya, padahal saya kerja kuli dan nelayan di Padang. Ingat dulu kerja keras di Padang. Itulah namanya jodoh dan rezeki. Kalau Tuhan yang menaikkan derajat kita, apa pun tidak ada hambatannya. Bayangkanlah bahasa Prancis masih belum lancar, satu minggu saya di sini sudah dapat kerjaan," jelasnya haru.

clem bule minangFoto Danil dan Clem. Foto: Dok. pribadi Clementin Vincent.



Simak Video "Belajar dari 'Kimbab Family': Konten YouTube Positif Bareng Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)