Tren Pernikahan Online

Nikah Saat Corona, Pengantin Ganti Resepsi dengan Live Instagram Momen Akad

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 26 Apr 2020 15:00 WIB
Artha Mohammad Soeharto Artha dan Avi menikah disiarkan online lewat Live Instagram. Foto: instagram @arthamsoe
Jakarta -

Pasangan yang menikah di tengah pandemi virus Corona harus mengatur ulang acara pernikahan mereka termasuk dengan membatalkannya acara resepsi. Salah satu cara yang banyak dilakukan pengantin sekarang ini adalah mengganti resepsi dengan siaran langsung momen akad via Instagram atau aplikasi video call.

Pengantin yang mengganti acara resepsi dengan siaran live Instagram momen akad nikah salah satunya adalah Artha M.Soeharto (Artha) dan Soraya Aprilia (Avi). Bertunangan pada 8 September 2019, keduanya awalnya berencana menikah dan mengadakan acara resepsi pada 5 April 2020.

Mereka pun sebelumnya sudah menentukan akan mengadakan akad nikah dengan adat Sunda dan prosesi resepsi adat Jawa. Namun saat virus Corona mulai menyebar luas, Artha dan Avi harus memutar untuk rencana hari bahagia mereka.

Artha Mohammad SoehartoPernikahan online di tengah pandemi virus Corona. Foto: dok. Pribadi Artha Mohammad Soeharto


"Keadaan jadi mulai tidak menentu ketika memasuki akhir Februari atau kurang lebih 2 bulan menuju 5 April, di mana semakin lama penderita COVID-19 semakin banyak dan meluas. Dan ternyata ini merupakan takdir kami berdua, kami harus merelakan tidak menyelenggarakan kegiatan pengajian, di mana pada awalnya seluruh keluarga dekat dan kerabat akan hadir," ungkap Artha saat dihubungi Wolipop, Jumat (24/4/2020).

Seiring berkembangnya kasus positif COVID-19, keduanya mengambil keputusan untuk melangsungkan akad nikah hanya di KUA saja. Keduanya juga cukup beruntung karena pada saat itu belum ada imbauan dari pemerintah mengenai batas maksimal orang yang berada di dalam satu ruangan.

Artha Mohammad SoehartoPernikahan Artha dan Avi yang dilangsungkan online via Instagram Live. Foto: dok. Pribadi Artha Mohammad Soeharto


"Alhamdulillah, Allah memberikan jalan keluar terbaik, di mana kami dapat tetep melangsungkan akad nikah dengan maksimal 20 orang saja di private room salah satu hotel di DKI Jakarta. Ini adalah jalan terbaik untuk kami berdua, walaupun hampir seluruh konten yang telah kami persiapkan dengan para vendor harus kami relakan untuk tidak dapat berjalan," jelas pria yang berprofesi sebagai Chief Marketing Officer dari wedding organizer Aku Wedding itu.

Menggantikan acara resepsi yang sebelumnya sudah direncanakan, Artha membuat siaran langsung via Instagram. Dia membuat akun Instagram khusus agar sahabat dan keluarga besarnya dapat menyaksikan momen akad nikahnya.

Artha Mohammad SoehartoArtha dan Avi. Foto: instagram @arthamsoe


"Sebelumnya aku dan Avi memikirkan opsi untuk via aplikasi seperti Zoom, akan tetapi setelah kami berdua berdiskusi, membandingkan, dan melihat kemudahan untuk para penonton prosesi akad nikah kami, kami memilih untuk via Live Instagram, dikarenakan mayoritas keluarga dan kerabat kami memiliki akun Instagram dan videonya pun dapat langsung kami simpan, para penonton bisa langsung memberikan doa dan komentarnya langsung kepada kami, selain itu video Live Instagram dapat terus disaksikan selama 24 jam di hari tersebut," paparnya.

Menyiarkan akad nikah via Instagram, Avi melakukan sejumlah persiapan agar aktivitas tersebut berjalan lancar. Di antaranya dia menyiapkan beberapa perangkat elektronik dan koneksi internet.

"Kami awalnya menyediakan perangkat utama terlebih dahulu seperti smartphone, tripod smartphone, dan juga koneksi internet yang baik. Koneksi internet berperan sangat vital di dalam menjalankan Live Instagram," kata pria aktif bergabung di Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) di Jakarta Pusat itu.


Setelah perangkat elektronik dan koneksi internet siap, Avi tak lupa menyebarkan informasi mengenai rencana live Instagram akad nikahnya kepada keluarga, kerabat, dan juga rekan kerja.

"Kami tetap memohon doa dan restu kepada mereka, sekaligus mengajak mereka jika berkenan menyaksikan prosesi akad nikah kami dengan dapat menonton via Live Instagram, di akun Instagram baru yang kami buat. Ahamdulillah setelah menyelesaikan prosesi akad nikah kami, Live Instagram menjadi solusi terbaik yang kami pilih, simple, kekinian, dan sekarang mayoritas masyarakat Indonesia pun telah memiliki akun Instagram, sehingga memudahkan untuk para penonton prosesi akad nikah kami," jelasnya.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/hst)