Taaruf Online Sesuai Syariah, Bagaimana Tata Caranya?

Erwin Dariyanto - wolipop Minggu, 15 Des 2019 09:01 WIB
Ilustrasi taaruf online sesuai syariah (Foto: iStock) Ilustrasi taaruf online sesuai syariah (Foto: iStock)

Jakarta -

Taaruf lebih dianjurkan dalam Islam bagi pria dan wanita yang sama-sama ingin menjajaki untuk ke jenjang pernikahan. Sebab Islam tak mengenal pacaran. Nah, dalam perkembangannya, taaruf bisa dilakukan secara online. Ustaz Yusuf Mansur menyebutkan tata cara taaruf online sesuai syariah Islam.

"Pertama, niatkanlah karena Allah," kata Ustaz Yusuf Mansur dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu 14 Desember 2019.

Taaruf harus benar-benar dilakukan untuk tujuan pernikahan, bukan bercanda atau mempermainkan orang lain. Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam mengingatkan kepada semua pemuda yang sudah mampu untuk segera menikah. Dengan menikah seseorang akan lebih dapat menahan pandangan dan kemaluan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Bukhari, Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam bersabda:

"Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan."

Tata cara taaruf online sesuai syariah berikutnya adalah, menghindari chat-chat personal. Hindari juga meminta foto-foto pribadi. "Apalagi sampai dikhususin (foto tertentu)," tambah Ustaz Yusuf Mansur.



Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur'an, Cipondong, Tangerang itu juga mengingatkan agar taaruf benar-benar diniatkan untuk menuju jenjang pernikahan, bukan malah perzinahan.

"Semoga semua dilindungi Allah. Dan maksud-maksud serta niat baik, selalu dijaga Allah, dibersihin oleh Allah, dan Allah berkenan meridhai. Yakni segala upaya mempertemukan jodoh buat semua yang belum berjodoh," tutup ustaz Yusuf Mansur.

Saat ini sudah muncul sejumlah aplikasi taaruf online yang memudahkan pria dan wanita ingin menemukan jodohnya. Pilih aplikasi taaruf online sesuai syariah yang tepat agar dijauhkan dari zina.





Simak Video "Nurul si Pendongeng Cantik - Sunsilk Hijab Hunt 2019 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/vmp)