Kata Wanita yang Viral Usai Cerita Perjuangan Nikah Beda Agama di Sleman

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 29 Sep 2019 20:00 WIB
Foto: Dok. Pribadi @elizabethayudya Foto: Dok. Pribadi @elizabethayudya

Jakarta - Belum lama ini seorang pengguna Twitter dengan nama akun @elizabethayudya jadi viral setelah menceritakan kisah cintanya yang berjuang untuk tetap bisa menikah meskipun beda agama dengan pasangan. Pada cuitan yang telah disukai 14 ribu lebih itu, Elizabeth mengungkapkan tantangan tentang menikah beda agama mulai dari penilaian keluarga dan kerabat hingga mengurus dokumen pernikahan di kantor pemerintahan.

Wanita yang memiliki nama lengkap Elizabeth Ayudya ini dinikahi oleh kekasihnya, Harry Wahyu Pratama di Gereja Katolik St Jusuf Pekerja Condong Catur, Sleman, Yogyakarta pada September 2018. Elizabeth adalah penganut Katolik, sementara itu sang suami merupakan seorang muslim.

"Menikah beda agama. (Saya katolik, suami islam). Kuncinya 3: cinta, yakin, dan tutup kuping dari komentar nyinyir tetangga," cuit Elizabeth.


Kata Wanita yang Viral Usai Cerita Perjuangan Nikah Beda Agama di SlemanFoto: Dok. Pribadi @elizabethayudya

Postingan yang telah di retweet 6 ribu lebih itu pun dibanjiri komentar netizen. Tak sedikit dari mereka kagum atas cerita Elizabeth dan suaminya yang berjuang untuk cinta meskipun beda agama.

Saat dihubungi Wolipop, wanita yang kini tinggal di Klaten, Jawa Tengah ini mengaku cuitan viralnya itu berawal dari keresahan seleb tweet dan penulis bernama Arman Dhani tentang perbedaan keyakinan. Dari situ, Elizabeth mulai menceritakan pengalamannya sendiri tentang sulitnya menikah beda agama di Indonesia.

"Jadi awalnya itu saya reply tweetnya Arman Dhani. Beliau nulis tentang keresahan kenapa kok Islam masuk gereja dosa, sementara masuk borobudur sama dengan wisata," cerita Elizabeth kepada Wolipop.
Kata Wanita yang Viral Usai Cerita Perjuangan Nikah Beda Agama di SlemanFoto: Dok. Pribadi @elizabethayudya

"Balasan saya ya tentang nikah beda agama. Nah, banyak teman-teman yang nanya. Barulah aku bikin thread," imbuhnya.

Elizabeth menambahkan tak menyangka jika kisahnya tentang menikah beda agama ini bisa viral. Ia pun mengaku senang bisa berbagi ceritanya kepada orang lain.


"Tapi senang juga. Bisa berbagi cerita ke teman-teman lain. Terutama pejuang cinta tapi beda yang katanya LDR paling jauh (LDR rumah ibadah)," terang Elizabeth.

"Banyak juga teman-teman Twitter yang punya cerita sama, ikutan sharing," tambahnya.

Meskipun banyak mendapat dukungan positif, ada juga netizen yang mengkritik Elizabeth karena tetap melangsungkan pernikahan walau beda agama. Namun, Elizabeth mengaku tak peduli dengan penilaian negatif dari orang-orang.

"Ada juga sih komentar yang kontra dengan apa yang kami jalani. Tapi ya sudah nggak apa-apa. Pandangan setiap orang kan beda-beda," jelasnya.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/hst)