Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Mantan Suami Sebarkan Aib Eks Istri

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 04 Jul 2019 13:45 WIB
Fairuz A Rafiq dan suaminya Sony Septian. Foto: Noel/detikFoto Fairuz A Rafiq dan suaminya Sony Septian. Foto: Noel/detikFoto

Jakarta - Galih Ginanjar dituding menyebarkan aib mantan istrinya, Fairuz A. Rafiq saat melontarkan ucapan bau ikan asin di tayangan YouTube. Saat mantan suami menyebarkan aib dalam pernikahan, apa yang sebaiknya dilakukan?

Fairuz yang merasa terhina atas ucapan tersebut melaporkan Galih Ginanjara ke pihak kepolisian atas tuduhan pencemaran nama baik. Apakah langkah yang dilakukan anak penyanyi A. Rafiq itu sudah tepat?

Psikolog seksual Zoya Amirin melihat laporan polisi itu boleh saja dilakukan dengan tujuan memberikan pelajaran. Namun menurutnya langkah tersebut lebih akan membuang energi dibandingkan memberikan solusi.


Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Mantan Suami Sebarkan Aib Eks IstriFoto: dok. Channel YouTube Official Trans TV


"Kasus seperti ini paling akhirnya berujung minta maaf. Dan sudah malu duluan. Coba kita bersikap santai saja. Kalau kita lebih santai dan biasa saja, justru nanti orang bisa melihat, wah ini yang dihina itu santai dan tidak merasa seperti itu. Malah orang lebih respect biasanya," tuturnya saat diwawancara Wolipop Rabu (3/7/2019).

Meski demikian terkadang menurut Zoya, dalam beberapa kasus memang pihak yang melakukan penghinaan perlu diberikan pelajaran. "Bisa jadi sudah sering kayak gini. Kan tidak mungkin orang tiba-tiba jahat? Dan iseng tidak ada angin dan hujan tiba-tiba menghina dan mengungkit mantan. Kayaknya tidak mungkin ada sejarahnya dan kebiasaan lama," ujarnya.

Zoya juga menambahkan ketika suami sibuk mengumbar aib atau mencemarkan nama mantan istrinya saat sudah bercerai, sebagai pihak yang dicemarkan menurutnya tak perlu bersikap emosional yang berlebihan. Pihak yang merasa dirugikan juga tak perlu sibuk memberikan penjelasan pada pihak lain.

"Memangnya kepada siapa sih yang butuh penjelasan itu? Yang penting tanyakan dengan pasangan kamu saat ini. Kalau pasangan kita bilang tidak apa-apa dan baik-baik saja. Ya sudah tidak usah dihiraukan lagi," pungkasnya.

Galih Ginanjar dan Fairuz A. Rafiq telah bercerai sejak 2014 lalu. Saat ini keduanya pun telah memiliki pasangan masing-masing. Fairuz A. Rafiq telah menikah dengan Sony Septian pada 21 Mei 2017.



Simak Video "Tulang-tulang Hewan Ini Disulap Jadi Jam Tangan Kece"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)