Pengantin Dihujat karena Minta Tamu Pernikahannya Kerjakan Soal Matematika

Alissa Safiera - wolipop Rabu, 09 Jan 2019 19:34 WIB
ilustrasi pengantin. Foto: dok. Kayla Palace ilustrasi pengantin. Foto: dok. Kayla Palace

Jakarta - Membuat daftar tempat duduk bagi para tamu bisa membuat pusing pengantin. Namun pengantin yang satu ini malah membuatnya lebih rumit lagi.

Seorang pengantin yang diketahui sebagai ahli matematika itu menggunakan soal matematika bagi para tamu untuk mendapatkan tempat duduk di pesta pernikahannya. Para tamu ini harus menyelesaikan soal untuk mengetahui di bangku mana mereka harus duduk.

"Sejak kami adalah ahli matematika, pernikahan kami akan diperindah dengan titrasi matematika. Misalnya, saat makan malam, para tamu akan diminta untuk menjawab pertanyaan matematika untuk mengetahui di mana mereka duduk. Setiap tamu akan dihadapkan dengan pertanyaan unik dan khusus," tulis si calon pengantin di Facebooknya.



Postingan Facebook wanita yang tak diketahui namanya itu dibagikan di forum Reddit oleh user bernama u/Lattesandthelaw. Menurut sang pengguna Reddit, hal itu tidak pantas untuk mempermalukan seseorang dari cara dia menyelesaikan soal matematika.

Banyak pengguna Reddit yang mengatakan akan langsung menolak undangan pernikahan wanita itu. "Jika aku yang diundang, aku hanya akan minum di lobi. Itu terlalu pintar buatku," ujar seorang netizen.

Netizen lain mengatakan ide dari si pengantin termasuk dalam 'math-shaming' alias mempermalukan keahlian matematika seseorang. "Jadi sekarang math-shaming adalah hal baru? Kapan seseorang bisa berhenti untuk mempermalukan orang lainnya?"



Walau dihujat, wanita itu menjelaskan bila sebagian besar tamu undangannya adalah ahli matematika juga.

"Faktanya, sejumlah besar tamu kami memiliki latar belakang matematika tingkat penelitian, sehingga bagi sebagian besar mereka, pertanyaan diambil langsung dari makalah penelitian atau tesis," tambahnya.

Di antara yang mempertanyakan keinginan sang pengantin, beberapa netizen ada pula yang mendukung. "Menurutku itu sangat manis. Seperti kutu buku, tapi lucu," kata netizen.
(asf/agm)