Liputan Khusus Persiapan Pernikahan

Yang Perlu Diketahui Saat Membentuk Panitia untuk Pesta Pernikahan

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 14 Okt 2016 17:38 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Mempersiapkan pernikahan sejatinya adalah pekerjaan yang menguras waktu dan tenaga. Melihat hal itu, banyak orang dari pihak keluarga yang berbondong-bondong ingin membantu calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahannya. Mereka membuat kepanitiaan sendiri untuk membagi-bagi tugas dalam meringankan beban pengantin. Lantas, perlukah membentuk panitia keluarga?

Syita Sophiaan selaku pemilik Amaya Wedding mengatakan, jika sudah menyewa jasa wedding organizer maka pembentukan panitia keluarga tidak diperlukan lagi. Sebab wedding organizer sudah mengurus semuanya mulai dari dekorasi, katering, musik pengiring, hingga hal-hal kecil lainnya.

Namun wanita 28 tahun ini menyarankan untuk menunjuk beberapa orang dari pihak keluarga sebagai penanggung jawab atau koordinator dari berbagai vendor. Penanggung jawab tersebut tidak perlu berjumlah banyak, yang terpenting bisa dipercaya dan bisa menjalankan tugasnya.

"Yang paling utama, pengantin menunjuk penanggung jawab dari keluarga untuk mengamankan kotak uang dan hadiah. Terus satu orang dari pihak keluarga sebagai pengawas katering dan saksi kalau makanan yang dipesan sesuai, untuk menghindari kecurangan," tutur Syita saat berbincang dengan Wolipop di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2016).

Penanggung jawab lainnya bertugas sebagai penghubung antara WO dan pihak keluarga besar. Wanita kelahiran 1988 ini menjelaskan, terkadang sulit untuk mengumpulkan seluruh anggota keluarga saat resepsi pernikahan akan dimulai, untuk itu diperlukan penanggung jawab dari pihak keluarga yang bisa mengatur anggota keluarga lainnya.

"Misalnya mau prosesi pengantin naik ke pelaminan, terus ada anggota keluarga yang nggak ada, nah dari WO bisa hubungi koordinator keluarganya. Karena WO kan nggak hafal semua anggota-anggota keluarga, jadi ada baiknya tunjuk koordinator keluarga," lanjutnya lagi.

Namun jika Anda tetap ingin membentuk panitia keluarga, wanita yang sejak lima tahun lalu terjun ke dunia wedding organizer itu menyarankan untuk melibatkan keluarga dalam mengurusi hal-hal yang penting saja. Tidak semua keluarga perlu dilibatkan dalam membantu persiapan pernikahan, terlebih lagi jika sudah menyewa jasa WO.

Hal itu juga disetujui oleh Putri Arinda selaku founder dari The Bride Dept. Dalam acara Wolipop Women's Lounge di Largo Bistrot, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/10/2016), wanita yang biasa disapa Inda itu memaparkan susunan panitia keluarga untuk mempersiapkan pesta pernikahan agar berjalan lancar. Berikut susunannya :

1. Ketua Panitia
2. Sekretaris
3. Bendahara
4. Seksi Among Tamu
5. Seksi Penerima Tamu dan Angpau
6. Seksi Keamanan
7. Seksi Transportasi
8. Seksi Konsumsi (itn/ami)