8 Do's & Don't Saat Jadi Tamu Acara Pernikahan

- wolipop Jumat, 24 Jun 2011 08:06 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Menghadiri undangan pernikahan seringkali jadi agenda wajib Anda di akhir pekan. Ingin menjadi tamu yang baik? Berikut ini 8 do's & don't yang perku Anda perhatikan, seperti dikutip dari glamour:

1. Jangan Menduga-duga Anda Boleh Membawa Pasangan
Sebelum mengajak pasangan, cek dulu undangan yang Anda terima. Apakah di undangan tersebut tertulis Anda dan partner? Jika tidak sebaiknya Anda tidak usah membawa pasangan karena bisa jadi pasangan yang Anda bawa belum dihitung oleh si pengantin sebagai undangan.

Namun hal berbeda berlaku jika Anda memang sudah menikah. Meskipun di undangan tidak tertulis, si pengantin sudah paham kalau Anda akan datang bersama pasangan.

2. Beli Kado Pernikahan Sejak Jauh-jauh Hari
Kalau Anda memutuskan memberikan pengantin kado pernikahan, belilah kado tersebut sejak jauh-jauh hari. Dengan membuat rencana dan memiliki banyak waktu untuk memilih kado, bisa membuat Anda mendapatkan kado yang tepat dan sesuai keinginan si pengantin.

3. Jangan Bawa Kado yang Terlalu Besar
Masih soal kado, jika Anda memutuskan memberikan kado, jangan membawa yang terlalu besar. Kalau memang kado Anda besar, kirim saja kado tersebut ke rumah si pengantin.

4. Datang Tepat Waktu
Faktanya acara pernikahan memang kerap dimulai terlambat. Namun bukan berarti juga Anda bisa datang sesuka hati. Apalagi jika Anda bermaksud menghadiri akad nikah atau upacara pemberkatan, datang tepat waktu wajib hukumnya.

5. Matikan atau Kurangi Volume Suara Handphone
Aturan kelima ini penting untuk Anda yang datang ke akad nikah atau upacara pemberkatan. Tentu suara ringtone handphone Anda bisa sangat mengganggu jalannya acara apabila terdengar dengan keras.

6. Nikmati Pesta
Meskipun Anda merasa pesta pernikahan yang Anda hadiri membosankan, berusahalah untuk menikmati pesta tersebut. Memasang muka kesal dan murung tentu akan jadi tidak enak jika nantinya dilihat oleh pihak yang mengundang.

7. Kenakan Baju yang Pantas
Beberapa acara pernikahan menuliskan dress code pada undangan yang mereka kirim. Sebisa mungkin patuhilah dress code tersebut. Kalau tidak ada dress code, Anda pun sebaiknya memakai baju yang memang sesuai dengan acara tersebut untuk menghormati pihak pengundang.

8. Jangan Lupakan Souvenir atau Ucapkan Terimakasih
Saat menghadiri pernikahan, pihak pengundang biasanya akan memberikan souvenir sebagai tanda ucapan terimakasih. Sebaiknya jangan lupakan souvenir tersebut dengan meninggalkannnya di lokasi acara. Kalaupun Anda tidak menyukainya, bawalah pulang dulu souvenir itu baru putuskan hendak diapakan benda tersebut.

(eny/kik)